Axis Dibeli XL – Apakah Karyawanya Termasuk?

By on March 22, 2014
2. Axis Dibeli XL - Apakah Karyawanya Termasuk 2

Setelah adanya rumor yang cukup lama akhirnya sekarang sudah jelas jika Axis resmi dibeli oleh XL Axiata. Kepastian jual beli operator telekomunikasi ini didapatkan pada tanggal 19 Meret kemarin pada saat XL Axiata menjadi pemilik saham mayoritas Axis. Pihak XL Axiata berhasil membeli atau mengakusisi PT Axis Telekom Indonesia dengan nilai pembelian yang cukup fantastis yaitu $865 juta atau sekitar Rp. 10 Triliun.

Proses Axis dibeli XL Axiata ini berjalan cukup lancar dan tak ada kendala  yang berarti karena kedua belah pihak telah setuju dan proses jual beli ini telah juga mendapat rekomendasi dari pihak-pihak yang berkepentingan. Sebelumnya kedua pihak telah mendapat persetujuan dari kementrian Informasi dan Komunikasi, para pemegang saham XL melalui RUPSLB, pernyataan dari Otoritas jasa keuangan (OJK), pernyataan dari Bursa Efek Jakarta, persetujuan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal BPKM untuk rencana akusisi dan juga persetujuan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha KPPU.

Setelah semua ijin dan pernyataan didapat akhirnya negosiasi dilakukan dan kedua belah pihak sepakat dengan harga yang sudah tertulis. Banyak pihak menyatakan gembira dengan akusisi yang dilakukan oleh XL Axiata kepada Axis karena dinilai akan memberikan banyak sekali manfaat tidak saja kepada dunia komunikasi namun juga kepada pemerintah dan dunia industri. Dengan merger antara XL-Axis maka diharapkan jaringan komunikasi di Indonesia semakin kuat dan membantu pihak  industri untuk berkembang lebih cepat karena dukungan data dan komunikasi yang lebih mantap.

games online, axix, xl, karyawan, dibeli

Namun dibalik proyeksi manfaat yang diharapkan dari merger tersebut, terselip kekhawatiran dari hampir semua pegawai dan karyawan Axis. Mereka khawatir akan kehilangan lapangan pekerjaan karena perusahaan dimana mereka bekerja telah dikuasai pihak lain dan tidak ada perjanjian antara XL dan Axis pada saat Axis dibeli XL mengenai akusisi karyawan Axis menjadi karyawan XL. Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi menyatakan bahwa XL sangat terbuka untuk menerima ex pegawai Axis untuk menjadi pegawai XL sesuai dengan kebutuhan.

Hal tersebut sedikit memberi nafas lega namun ternyata XL juga mensyaratkan adanya persyaratan dan juga proses yang harus dilalui oleh karyawan Axis yang ingin menjadi karyawan XL. Hal ini berarti bahwa pada saat Axis dibeli XL para karyawan tidak dimasukkan dalam pertimbangan jual beli tersebut yang juga berarti ada kemungkinan adanya pemutusan kontrak kerja yang dilakukan Axis untuk para karyawan mereka.

Para karyawan Axis dihimbau agar sabar karena saat ini proses merger baru berjalan dan nantinya pasti akan ada kejelasan nasib para karyawan tersebut setelah merger yang direncakan selesai dalam waktu 3-9 bulan kedepan. Jika proses merger telah usai maka para karyawan rencananya akan mulai diseleksi dan diambil untuk bekerja di XL.

games online, axix, xl, karyawan, dibeli

BACA JUGA:

Tantangan Intel Untuk Develover Indonesia Lewat iDoJo

Produsen Smartphone Kompak Membuat Ponsel Tangguh

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *