Apple Terjatuh Disodok Android

By on November 19, 2013
3.Apple Terjatuh Disodok Si Robot Hijau 1

Produk-produk Apple kini  mulai berjatuhan kebawah karena si robot hijau menyodok kedepan dan menjadi pimpinan pasar gadget secara global. Memang beberapa tahun sejak android diluncurkan, tanda-tanda dominasi robot hijau ini memang sudah terlihat. Kini android memang terbukti berhasil mendominasi pasar gadget yang sebelumnya dikuasai oleh perusahaan Apple. Menurut catatan pada kuartal II tahun 2013 ini iPad kalah telak pada jumlah penjualan pada pasar tablet.

Tablet yang mempergunakan OS android lebih banyak terjual dan menghasilkan keuntungan daripada jumlah penjulan iPad pada periode yang sama. Ini kali pertama android berhasil mengungguli Apple dalam jumlah pendapatan dengan jumlah pendapatan 46,2% sementara iPad hanya menguasai 45,6% dari total pasar tablet diseluruh dunia. Pasar android memang sangat cepat berkembang dan ini tidak terlepas dari peranan Samsung dan Lenovo yang telah membuat pasar android tumbuh 66,7%. Sementara itu pasaran iPad turun dari 40,2% menjadi 29,7%.

Namun prediksi keunggulan android ini diperkirakan hanya sementara saja karena  sebentar lagi Apple akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar dengan telah dikapalkannya iPad Air dan iPad Mini retina Display. Kedua produk anyar dari Apple ini diprediksi akan mempenetrasi pasar dengan kekuatan besar, apalagi Apple adalah satu-satunya “brand mahal” yang dianggap paling prestisius. Namun begitu, Apple juga harus waspada karena saat ini banyak sekali produk-produk berbasis Android robot hijau  yang muncul ke pasaran.

 

Sebut saja salah satunya adalah produk dari Rusia yang bernama YotaPhone. Gadget yang masuk ke jajaran tablet ini akan diluncurkan sebelum akhir 2013 dan mengusung prosesor 1,5GHz RAM 2GB dengan kapasitas penyimpanan internal 32GB atau 64GB, OS JellyBean dan baterai yang sangat besar, 2.100mAH. Gadget Rusia ini dibekali dengan 2 buah layar besar yang dipergunakan untuk interface pengguna sementara layar yang dibelakang hanya untuk membaca konten e-book, berita, media sosial dan banyak lagi.

Apple memang harus lebih waspada lagi sepak terjang si robot hijau karena di data statistik, Samsung mencatatkan keunggulan yang signifikan dalam pasar ponsel pintar pada kuartal III tahun ini terhadap Apple. Tercatat pabrikan Korea ini menjual lebih dari 80,36 juta ponsel pintar yang berarti naik 46% dari tahun lalu. Sementara Apple hanya mengalami peningkatan 23,2% menjadi 30,3 juta unit tahun ini. Sementara itu pangsa pasar android dari produsen Lenovo berada di posisi 5,1% dan diikuti oleh LG 4,8%, Huawei 4,7% dan campura berbagai pabrikan 41,1%.

Apple memang harus siap menghadapi gempuran si robot hijau ini apalagi Apple sepertinya dikeroyok oleh banyak sekali produsen ponsel pintar yang mempergunakan OS android. Sekarang tinggal produk manakah yang akan Anda beli?

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *