Apple Dan Samsung Mulai Digoyang Lenovo

By on April 30, 2014
2. Google Urunan Untuk Bayar Denda Samsung ke Apple 2

Selama ini kita mengenal Samsung sebagai penguasa pasar untuk Smartphone Android untuk wilatah Asia bahkan sampai Eropa dan Amerika, tapi sayanganya untuk pertama kalinya dalam empat tahun belakangan ini, pangsa Samsung di pasar smartphone dunia tercatat mengalami penurunan yang sangat tajam.

Fakta terbaru tersebut diungkapkan oleh laporan terbaru dari firma riset Strategy Analytics tentang jumlah pengapalan smartphone pada kuartal pertama tahun 2014 ini.

Walaupun raksasa elektronik Korea tersebut masih tetap bercokol di urutan pertama angka pengapalan terbanyak dengan 89 juta unit smartphone. Tapi sayangnya pangsa pasarnya tercatat menurun dari angka 32,4 persen pada kuartal pertama tahun 2013 menjadi 31,2 persen pada kuartal pertaman pada tahun 2014.

Alasan penurunan tersebut kabarnya sangat berkaitan dengan persaingan yang makin keras dari para vendor smartphone asal Tiongkok yang terus melakukan inovasinya dan terus memberikan perlawanan dengan smartphone yang berharga murah.

Seperti yang dikutip dalam laman Cnet pada Rabu 30/4/2014. Neil Mawston, yang merupakan Direktur Eksekutif Strategy Analytics mengatakan bahwa samsung menghadapi kompetisi ketat dari Apple di segmen high-end dan dari merek Tiongkok seperti Huawei di segmen low-end.

Sedangkan di sisi lain, hampir semua vendor asal Tiongkok, seperti Huawei dan Lenovo ternyata mengalami kenaikan jumlah pengapalan yang sangat signifikan. Menurut laporan, pangsa pasar Huawei relatif tak berubah terlalu drastis, tetapi ternyata Lenovo mencatat pertumbuhan pangsa pasar, bahkan keainikan itu sanggup menembus angka 4,7 persen dari nilai awal yang hanya sebesar 3,9 persen pada setahun sebelumnya.

Setali tiga uang dengan kondisi Samsung, walaupun mencatat kenaikan angka pengapalan belakangan ini, tapi ternyata pangsa pasar Apple juga tercatat menurun dengan angka perolehan yang hanya sebesar 15,3 persen saja, hal ini berbeda dari tahun sebelumnya yang mampu menembus angka sebesar 17,5 persen.

Sampai saat ini, Apple masih memiliki posisi yang sangat kuat di segmen premium, tapi justru tidak adanya produk di kategori entry-level telah membuat produsen tersebut kehilangan volume penjualan di pasar-pasar berkembang yang tumbuh pesar seperti Amerika Latin dan Asia.

Justru karena persaingan dari merek-merek Tiongkok inilah yang menjadikan pangsa pasar gabungan Apple dan Samsung sekarang ini turun menjadi 47 persen, bahkan sekarang ini Huawei dan Lenovo sama-sama menguasai hampir 10 persen dari pangsa pasar yang dulunya dikuasai Samsung dan Apple.

Linda Sui, yang merupakan analis senior Strategy Analytics, mengatakan bahwa kondisi yang tidak menguntungkan tersebut berkaitan erat dengan ekspansi Huawei ke pasar Eropa dengan sangat cepat, sementara di sisi lain Lenovo terus tumbuh dengan agresif di luar Tiongkok, dia sudah mulai memasuki wilayah baru seperti Rusia dan sebagian wilayah Amerika Latin.

Selain itu, jika proses akuisisi Lenovo atas Motorola disetujui oleh pemerintah negara-negara terkait di bulan-bulan berikutnya, tentu saja gabungan antara Lenovo dan Motorola ini akan menjadi kompetitor yang sangat kuat bagi Apple dan Samsung pada paruh kedua tahun ini. Bahkan tidak mustahil mereka akan mampu menggoyahkan dominasi Apple dan Samsung.

samsung-diduga-pengaruhi-media-agar-namanya-tetap-bagus

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *