Apakah Android Butuh Kipas Pendingin?

By on November 19, 2013
4. Apakah Android Butuh Kipas Pendingin 2

Jika Anda mempunyai gadget yang ber-OS android, mungkin Anda akan gregetan ingin memasang kipas pendingin setelah menggunakan gadget tersebut untuk menelepon atau bermain game sebentar saja. Pasalnya, gadget android Anda menjadi sangat panas ditelinga dan bahkan saat dipegang. Jika Anda bertanya normalkah keadaan ini? Tentu saja untuk mengetahui apakah keadaan ini normal atau tidak Anda perlu tahu dahulu penyebab permasalahan tersebut.

Anda harus benar-benar paham kenapa ponsel pintar Anda atau gadget android Anda sangat cepat sekali panas dan panasnya sangat berlebihan. Secara teknis penyebab panas dari gadget android ada beberapa macam yang beberapa diantaranya adalah karena software, hardware, dan cara pemakaian gadget android itu sendiri. Namun Anda jangan khawatir gadget android Anda rusak karena panas sebab berikut ini akan dibahas penyebab panasnya android sehingga seakan-akan Anda ingin mengipasinya dengan kipas pendingin.

Penyebab panasnya gadget android yang pertama adalah penggunaan yang terlalu lama untuk telpon, chatting, dan aplikasi-aplikasi berat lainnya. Penggunaan dalam jangka waktu lama akan membebani prosesor, GPU, dan RAM. Panas  yang dihasilkan akan semakin tinggi jika Anda memainkan aplikasi berat sementara RAM Anda kecil. Penggunaan yang terus menerus dan menimbulkan panas ini tentu saja berakibat buruk pada baterai yang cepat habis dan juga resiko melelehnya komponen karena panas yang tinggi.

 

Penggunaan gadget android yang terlalu lama dan menimbulkan panas ini juga akan memperpendek umur baterai gadget android Anda sehingga solusi yang perlu Anda lakukan adalah pergunakan gadget android sewajarnya saja tanpa harus berlebihan. Usahakan jika menelepon harus padat dan singkat sehingga juga menghemat pulsa Anda. Selain itu jika ingin ngegame lebih baik pergunakan komputer saja yang jelas lebih kuat.

Kondisi cuaca dan suhu ruangan juga mempengaruhi suhu gadget android Anda sehingga tidak saja Anda yang butuh kipas pendingin namun gadget android Anda juga. Jika Anda mempergunakan gadget pada ruangan yang panas, sebaiknya sebentar saja atau lebih baik Anda keluar dari ruangan tersebut. Pastikan juga Anda memegang gadget dengan pas sehingga udara masih bisa mendinginkan gadget android Anda tersebut dengan baik. Jika tangan Anda besar dan gadget android Anda tercover semua usahakan memegangnya jangan terlalu erat dan pergunakan beberapa jari saja untuk memegang pinggiran gadget.

Masalah terakhir yang bisa menyebabkan gadget android Anda panas adalah miskin sinyal di daerah Anda. Jika Anda browsing, chatting atau beraktifitas yang mempergunakan internet namun kondisi sinyal operator di tempat Anda hanya 1 bar maka gadget akan bekerja lebih keras dan itu membuat panas. Hal ini diperparah jika tidakada sinyal 3G ditempat Anda. Untuk itu pastikan sinyal yang didapat kuat dan berupa sinyal 3G.

About

One Comment

  1. KompiArea

    October 3, 2016 at 4:17 pm

    nice info gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *