Angka Pengiriman Smartphone Ke Seluruh Dunia Tahun 2013

By on November 7, 2013
2.Angka Pengiriman Ponsel Pintar Ke Seluruh Dunia Tahun 20131

Tahun 2013 memang tahunnya Android. Buktinya, selama paruh ketiga tahun 2013 saja sudah lebih dari 204 juta perangkat Android dikirimkan ke seluruh dunia. Dengan jumlah ini, tidak heran jika Android menjadi penguasa pasar Smartphone di dunia. Strategy Analytic setelah membuat data mengenai Android. 

Hasilnya, sistem operasi mobile yang dibesut oleh Google ini sukses memenangkan global market share. Pada kuartal terakhir, jumlahnya sudah mencapai 81.3%. Jumlah ini menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan yaitu 75%. Jika ditotal keseluruhan, maka pengiriman perangkat Android untuk seluruh dunia mencapai 204.4 juta.

Sangat jelas jika perangkat ini mengalami peningkatan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Total pengiriman perangkat pintar ini sebelumnya hanya mencapai angka 129.6 juta pengiriman. Di posisi kedua setelah Android ada Apple. Apple menjadi perangkat populer dengan angka pengiriman ke seluruh dunia yang mencapai 33.8 juta pengiriman.

Itu artinya, pengiriman perangkat Apple berada pada kisaran 13.6%. Sayangnya, angka ini terhitung sebagai angka penurunan bagi Apple. Pasalnya, angka tersebut lebih rendah dari angka pengiriman sebelumnya yang mencapai 15%. Masih menurut Strategy Analytics turunnya pengiriman perangkat Apple tidak lain karena adanya kelangkaan iPhone 5S di beberapa negara.

Scott Bicheno selaku analis senior Strategy Analytics menyatakan bahwa Android memang harus mengungguli jumlah pengiriman dari Apple guna mempertahankan laju pertumbuhan pada masa yang akan datang. Menurut prediksinya, hal ini bisa jadi sangat sulit untuk terjadi. Pasalnya, angka pengiriman iPhone 5s sudah mulai menunjukkan peningkatan.

Perangkat ini kemungkinan besar akan mengangkat Apple pada pengiriman kuartal keempat 2013. Setelah Android sebagai jawara dandisusul oleh Apple, ada pula Windows Phone di posisi ketiga. Saat ini jumlah pengiriman perangkat ini naik menjadi 10.2 juta tahun ini. Sebelumnya, angka pengirimannya hanya mencapai 3.7 juta.

Ini artinya, terjadi peningkatan dari 2% menjadi 4%. Angka ini mengukuhkan Windows Phone yang merupakan perangkat sistem operasi mobile milik Microsoft dengan platform smartphone sebagai perangkat dengan pertumbuhan paling cepat. Namun, pihaknya menyatakan bahwa mereka masih membutuhkan gebrakan lebih besar untuk beberapa negara.

Neil Mawston selaku Executive Director Strategy Analyst berpendapat bahwa pertumbuhan Microsoft tidak lepas dari peran Nokia dan Lumia khususnya di Eropa, Asia dan Amerika. Tentunya, Microsoft masih harus terus berjuang untuk bisa menguasai beberapa pasar utama seperti Jepang, Korea Selatan dan Afrika.

Sayangnya, kabar gembira ini tidak dirasakan oleh BlackBerry. Angka pengiriman perangkat ini di dunia merosot tajam. Perangkat ini hanya mampu mencapai angkat 2.5 juta tahun ini. Hal ini berbanding terbalik dengan tahun sebelumnya yang hingga mencapai 7.4 juta. Jika dipresentasekan maka angka pengiriman perangkat ini mengalami penurunan dari 4.3% menjadi hanya 1% saja.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *