Android Jelly Bean Dan Versi Sebelumnya Akan Punah

By on February 19, 2014
android jellybean

Saat ini sedang terjadi perbincangan sengit mengenai masih akan dipertahankannya atau tidak android Jelly Bean dan android versi sebelumnya oleh Google menyusul bocornya memo dari Google kepada vendor ponsel diseluruh dunia. Memo tersebut berisi instruksi Google agar semua vendor ponsel menjejalkan android terbaru ke produk mereka. Dengan begitu maka bisa dipastikan bahwa Jelly Bean dan android versi sebelumnya akan segera punah.

Dengan memo tersebut sudah jelas bahwa Google menginginkan semua produk ponsel dan gadget mempergunakan android KitKat 4.4. Entah kenapa semua ponsel dan gadget harus mempergunakan android KitKat padahal menurut statistik, pengguna android GingerBread masih cukup banyak dan bahkan lebih banyak dari pengguna Android Ice cream Sandwich.

Lebih parahnya lagi, Google mulai Februari 2014 ini tidak akan menyediakan Google Mobile Services untuk gadget dan ponsel android yang masih menjalankan OS android Jelly Bean dan versi sebelumnya. Yang termasuk dalam Google Mobile Service ini adalah Google Search, Google Maps, Google Play Music, dan juga Google Play Store. Bisa Anda bayangkan jika ponsel Anda  yang masih Android GingerBread tidak bisa mengakses layanan-layanan penting tersebut. Bisa dipastikan ponsel Anda turun pamor dari smartphone menjadi stupidphone karena tidak ada bedanya dengan ponsel biasa.

 android, jelly bean, smartphone, android kitkat, gadget

Menurut kebijakan Google, jika ada platform baru yang muncul maka platform lama akan ditinggalkan setelah sembilan bulan. Dengan demikian maka ada waktu sekitar sembilan bulan untuk memperbarui platform android Anda atau membeli perangkat baru dengan OS terbaru. Apakah ini artinya kita harus membeli ponsel baru setiap ada platform baru yang hadir? Tentu saja hal ini menjadi tidak wajar dan tidak adil bagi pengguna smartphone lawas.

Namun jangan terburu nafsu karena bocoran memo dari Google untuk mematikan Android Jelly Bean ini belum tentu benar. Bisa saja bocoran ini hanya berita hoax untuk mencari sensasi, dan jikapun benar maka Google tidak akan begitu saja meninggalkan pada pengguna android lawas. Pasti ada semacam solusi atau penawaran dari Google untuk mereka atau semacam solusi dimana penguna android lawas masih bisa mengakses layanan Google yang tersedia.

Saat ini belum banyak orang yang tahu akan memo Google kepada vendor ponsel dan gadget ini karena memang memo ini hanya untuk internal. Sebaiknya jika memang Anda hendak membeli sebuah gadget atau ponsel maka sebaiknya pilih perangkat dengan android versi terbaru dimana Anda tidak perlu khawatir akan perubahan kebijakan Google ini. Saat ini sudah hampir semua vendor ponsel mengeluarkan perangkat dengan OS android KitKat dan Anda hanya perlu memilih dan membelinya. Namun jika Anda sudah terlanjur memiliki perangkat dengan OS lawas maka tunggulah apa kebijakan Google selanjutnya.

android, jelly bean, smartphone, android kitkat, gadget

BACA JUGA:

Anti Virus Terbaik Untuk Andoid Di Tahun 2014

Ternyata Dulu Android Pernah Dihina Samsung

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *