Anda Kecanduan Internet? Cek Dengan Ciri-Ciri Berikut

By on June 20, 2015
3. Anda Kecanduan Internet Cek Dengan Ciri-Ciri Berikut 2

Tak diragukan lagi jika internet saat ini telah menyebar ke seluruh dunia dan membuat jarak tak lagi berarti. Yang paling penting adalah internet membuka cakrawala pengetahuan, teknologi, hiburan, dan pendidikan hampir tanpa batas. Jika dulu Anda hanya memiliki televisi dan radio untuk hiburan dan juga jendela informasi, kini keduanya bisa didapatkan dari internet. Bahkan kejadian yang baru saja terjadi langsung bisa Anda ketahui dari internet tanpa harus menunggu berhari-hari.

Pada sisi hiburan, internet memberikan hiburan tanpa batas. Kini menonton film-film terbaru tak harus menunggu tayang di televisi, bahkan Anda bisa menonton film dari beberapa puluh tahun yang lalu. Anda juga bisa membuat video Anda sendiri dan menguploadnya. Di bidang pendidikan, internet memberikan akses pengetahuan. Tak heran jika internet seakan menjadi kebutuhan pokok sehari-hari.

Akibatnya banyak orang yang menjadi kecanduan internet. Kebanyakan dari mereka memanfaatkan internet untuk mencari hiburan seperti bersosialiasi di medsos, chatting, browsing, dan banyak hal lain lagi yang begitu menarik. Banyak orang yang kecanduan dan dunia serasa runtuh ketika internet down dan tak bisa mengakses internet. Oleh sebab itu jika Anda sudah merasa kesulitan meninggalkan internet barang sebentar saja, cek dengan ciri-ciri berikut apakah Anda benar-benar kecanduan.

  1. jika Anda browsing situs favorit, Anda akan merasa “sangat senang” atau euphoria yang berlebihan. Gejala ini adalah ciri awal orang kecanduan internet.
  2. hitunglah jam aktivitas Anda, apakah lebih banyak waktu yang Anda habiskan dengan internet baik dengan laptop, gadget, warnet, dll, maka Anda sudah mulai kecanduan. Hal ini merupakan peringatan pertama bagi Anda agar berusaha mengontrol kebiasaan Anda tersebut.
  3. Anda berusaha mengurangi dan menjauhi internet tapi kebanyakan gagalnya daripada suksesnya. Ciri ini adalah peringatan level dua. Anda sudah mulai tak bisa meninggalkan internet. Ini sudah cukup berbahaya karena biasanya Anda akan langsung melupakan aktivitas Anda yang lain agar bisa tetap berinternetan.
  4. Jika Anda sudah mengabaikan keluarga dan teman agar tetap bisa berinternetan, maka Anda sudah positive kecanduan. Anda tak akan lagi tertarik dengan kegiatan lain selain berinternetan. Entah apa yang Anda lakukan dengan internet, asalkan bisa online, Anda sudah sangat senang sekali. Bahkan jika Anda sudah mulai berbohong kepada orang lain, seperti orang tua, saudara, teman, dll, maka kecanduan Anda sudah parah.
  5. kecanduan internet paling parah ketika Anda mulai memisahkan diri dari dunia luar, meninggalkan tanggung jawab sekolah, rumah tangga atau pekerjaan. Anda selalu membayangkan internet,apa yang kemarin Anda lakukan, apa yang akan Anda lakukan nanti dengan internet, tangan Anda tak bisa lepas dadi gadget yang selalu online, Anda mulai mengalami insomnia karena begadang internetan, dan Anda mulai mengalami sakit pada punggung, sakit kepala, dan linglung, maka kecanduan Anda sudah level akut dan Anda butuh seorang konselor untuk membantu Anda lepas dari kecanduan tersebut.

Kecanduan Internet

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *