Alat Sadap Canggih Bebas Dijual di Pasaran

By on November 21, 2013
2.alat sadap canggih dijual bebas di pasaran.1

Penyadapan memang banyak dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk tujuan tertentu. Penyadapan tidak hanya ada di dalam film tetapi juga dalam pemerintahan. Hubungan antarnegara seringkali diwarnai dengan kegiatan penyadapan ini dan selalu dilakukan secara tersembunyi. Kadang kepentingan bisnis pun diwarnai kegiatan penyadapan ini.

Anehnya alat sadap canggih dijual bebas di pasaran bahkan menjadi komoditi yang sangat menguntungkan. Maklum saja, kegiatan penyadapan tidak hanya dilakukan oleh badan intelijen, bahkan agen-agen seringkali melakukan penyadapan dan menjual informasi yang didapat kepada pihak yang menginginkan dengan bayaran yang sangat mahal.

Produk Alat Sadap

Bisnis ini benar-benar tumbuh subur bahkan berdasarkan Surveillance Industry Index, ada 338 perusahaan yang menawarkan 97 teknologi berbeda untuk melakukan penyadapan. Kegiatan menguping target ini didukung alat tersebut yang dihasilkan oleh perusahaan yang 77 sendiri berada di Inggris.

Alat sadap yang ditawarkan berbeda tetapi mereka memiliki kecanggihan yang setara seperti yang digunakan oleh para pegawai badan intelijen. Tiap perusahaan biasanya menawarkan alat yang berbeda. AMEX, perusahaan yang berkantor di Dubai, menawarkan alat penyadap yang diberi nama Cerebro yang bekerja dengan sistem mirip Tempora yang dipakai pemerintah Inggris.

Cerebro dapat bekerja real time dengan menyadap berbagai komunikasi melalui ponsel dan internet. berbagai panggilan masuk dan keluar, pesan singkat, email, chatting, bahkan sampai jejaring sosial dapat disadap dengan Cerebro ini. setiap saat kegiatan target dapat diketahui atau disadap, menurut perusahaan yang menciptakan alat ini.

Alat sadap canggih ini dapat menyimpan miliaran meta data sehingga data yang masuk tidak dengan cepat memenuhi memori. Semuanya dapat terekam dengan baik. Saingan dari produk ini adalah sistem Zebra yang ditawarkan oleh VASTech.

Dengan sistem Zebra ini, perusahaan tersebut mengklaim bahwa mereka dapat membantu badan keamanan pemerintah dalam menghadapi tantangan besar dan terorisme. Alat tersebut dapat canggih bekerja, layak untuk digunakan oleh badan pemerintah. Sistem ini diklaim hanya boleh dibeli oleh badan pemerintah yang legal.

Sistem yang digunakan tak jauh beda dengan sistem penyadapan lain yaitu dengan merekam komunikasi melalui ponsel dan internet. Volume informasi yang tinggi dapat dengan mudah diakses oleh sistem Zebra ini. Informasi yang didapat cukup untuk menjadi dukungan atausokongan data investigative.

Privasi Internasional

Keberadaan perusahaan-perusahaan tersebut yang secara terbuka menjual alat sadap canggih baik untuk pemerintah maupun nonpemerintah memang dapat mengganggu privasi internasional. Bisnis ini memang sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi banyak pemerintahan, tapi selama ini tidak ada akuntabilitas yang jelas.

Tanpa akuntabilitas publik, akan sangat sulit untuk mengontrol penggunaan alat ini. Siapa saja dapat membeli alat ini dan melakukan penyadapan yang tentu saja dapat sangat mengganggu bagi privasi internasional.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *