Akuisisi WhatsApp Ternyata Menyimpan Kisah Menarik

By on February 21, 2014
whatsapp-facebook.jpegf_-610x225

Sebelum akhirnya WhatsApp dibeli oleh Facebook, ternyata ada banyak ceita menarik mengenai aplikasi yang satu ini. Rupanya sebelum resmi dibeli oleh pihak Facebook, WhatsApp adalah aplikasi yang telah banyak memikat perusahaan besar. Salah satu diantaranya adalah Google.

Untuk memperkuat layanan GTalk milik Google rupanya perusahaan yang satu ini sangat  berminat membeli WhatsApp. Menurut rumor yang beredar, Google telah  siap memberikan USD 1 miliar untuk membeli aplikasi tersebut. Tidak mengejutkan jika Google ingin membeli perusahaan tersebut mengingat kemampuan WhatsApp yang bisa digunakan di hampir seluruh platform dengan kemudahan pengoprasiannya

Sementara itu, Facebook yang kini memiliki WhatsApp rupanya pernah ditolak oleh SnapChat. Sebelum melirik WhatApp, Zuckerberg pernah mencoba membeli Snapchat, beberapa kali mencoba beberapa kali juga dirinya ditolak. sampai akhirnya Facebook mengalihkan targetnya ke WhatsApp dengan harga berlipat-lipat dari penawaran terhadap Snapchat, yaitu USD 19 miliar.

Dengan dibelinya Whatsapp oleh Facebook praktis membuat popularitas duo pendiri dari WhatsApp yakni Jan Koum dan Brian Acton langsung melesat dengan cepat memasuk daftar miliuner kelas atas.Koum sendiri diperkirakan telah memegang sekitar 45% sahamnya, Sementara saham milik Acton sekitar lebih dari 20% diperusahaan tersebut.

Facebook telah disebutkan membeli WhatsApp dengan nilai USD 19 miliar atau sekitar Rp 209 triliun. Tetapi Angka tersebut tidak sepenuhnya dalam bentuk uang tunai. Facebook disebutkan akan membayar kesekapatan dengan 184 juta lembar saham serta USD 4 miliar uang tunai dan USD 3 miliar saham terbatas untuk Koum dan Acton dan beberapa karyawan dari WhatsApp.

Forbes telah memperkirakan kekayaan yang diperoleh Koum bernilai USD 6,8 miliar dan kekayaan Acton bernilai USD 3 miliar. Kekayaan tersebut belum termasuk saham terbatas yang menjadi hak mereka.

Kisah unik lainya adalah salah satu dari pendiri WhatsApp yakni Brian Acton ternyata pernah ditolak bekerja oleh pihak Facebook. Tidak cuma di Facebook, tatapi juga pernah ditolak oleh twitter.

Akhirnya, setelah dua penolakan tersebut diapun bertemu dengan Jan Koum yang menjadi partner pembuatan WhatsApp di tahun 2009. Siapa yang menyangka bahwa dia kini tidak hanya sekedar menjadi seorang karyawan dari Facebook, tetapi juga kaya raya berkat hal yang dilakukan Facebook.

BlackBerry juga rupanya kecripratan untung dari pembelian tersebut. Saham dari BlackBerry naik gara-gara pembelian Whatsapp oleh facebook. Telah dilaporkan bahwa saham dari BlackBerry melompat hingga 6% tidak lama setelah Facebook mengumumkan untuk membeli layanan messaging tersebut.

Jika dilihat sekilas memang aksi akuisisi ini sepertinya tidak ada pengaruh yang berarti bagi BlackBerry. Tetapi pemberitaan akuisisi WhatsApp memperlihatkan bahwa ternyata masih ada nilai tambah yang tersisa dari BlackBerry. Hal ini juga sekaligus menunjukan betapa BlackBerry adalah target yang cukup matang untuk dibeli dengan harga yang cukup mahal.

 Facebook WhatsApp

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *