Akhirnya. Proses Akuisisi Nokia Oleh Microsoft Selesai

By on April 22, 2014
1046428ms-nokia780x390

Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Microsoft mengumumkan kepastian tanggal penyelesaian akuisisi mereka terhadap Divisi Perangkat dan Layanan Nokia secara keseluruhan. Dalam blog resmi microsoft, tenryata kesepakatan yang membutuhkan proses selama delapan bulan itu disebut Microsoft akan segera diselesaikan pada Jumat 25 April 2014 ini.

Pihak Microsoft sendiri sebelumnya harus menghadapi berbagai hambatan dari regulator di beberapa negara terkait akuisisi perusahaan ini, misalnya saja seperti di India dan Tiongkok yang harus menghadapi bagaimana ketatnya peraturan di Negara tersebut, serta detail-detail transaksi yang muncul belakangan yang dianggap sangat menghambat kelancaran dari seluruh proses akuisisi.

Selain itu juga, ternyata Nilai kesepakatan senilai 717 miliar dollar AS tersebut akhirnya dikonfirmasi juga oleh Microsoft bisa selesai pada Jumat minggu ini. Waktu tersebut sedikit mundur dari waktu yang memang tengah dijadwalkan pihak Microsoft, yakni batasan waktu kuartal pertama pada tahun 2014 ini.

Dengan selesainya akuisisi tersebut, maka Nokia akan terpecah menjadi dua bagian, yakni Nokia yang nantinya akan menjadi bagian dari Microsoft Mobile Device Group dan Nokia Solutions and Network yang merupakan bisnis Nokia di bidang infrastruktur telekomunikasi beserta grup pemetaan Nokia Here yang juga akan menjadi perusahaan terpisah juga.

Menurut Brad Smith, yang merupakan General Counsel & Executive Vice President, sekaligus juga Legal & Corporate Affairs Microsoft. Mengatakan bahwa penyelesaian akuisisi ini akan membantu untuk mempercepat inovasi Microsoft dan adopsi pasar Windows Phone ke berbagai penjuru dunia. Selain itu juga, pihak Microsoft sendiri akan menyasar lebih banyak pengguna layanan Microsoft yang berasal dari pengguna ponsel Nokia yang memang dulu sempat menguasai pasar Global.

Selain detai kesepakatan akuisisi ini, Brad Smith juga menambahkan bahwa perjanjian awal dalam akuisisi ini juga ada yang berubah dalam beberapa draf penjanjian, hal tersebut mengingat besarnya skala dan kompleksitas kedua perusahaan tersebut. Kesepakatan tersebut nanitnya akan bervariasi mulai dari proses manufaktur hingga TI dari kedua perusahaan raksasa ini.

Menurut laporan yang dilansir Gigaom pada 21/04/2014, Beberapa perubahan yang dibuat pihak Microsoft ini merupakan persetujuan untuk mengambil alih manajemen brand online Nokia itu sendiri, setidaknya selama satu tahun ke depan untuk lebih memantapkan usaha mereka dalam merambah kedalam bisnis mobile phone, lebih lanjut lagi, mempertahankan domain Nokia.com dan situs jejaring sosialnya merupakan pilihan yang tepat dan langkah yang sangat rasional.

Walaupun begitu, Microsoft tetap memiliki tujuan akhir yang memang sudah dipersiapkan sejak awal, yaitu mengganti brand Nokia dengan Microsoft sebagai brand utama. Seperti dikutip dari alamn Cnet, pihak Microsoft sendiri disebut-sebut telah meminta para penyuplai untuk mengubah nama perangkat Nokia menjadi Microsoft Mobile.

0937482Nokia-Connecting780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *