Agar SIM Card Tetap Awet

By on December 18, 2013
4.Agar SIM Card Tetap Awet1

Penggunaan ponsel yang sudah sangat luas di seluruh dunia termasuk di Indonesia membuat Anda mungkin sudah cukup akrab dengan istilah SIM Card. Pengguna seluler di Indonesia pasti membutuhkan kartu SIM ini untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan informasi melalui perangkat mobile yang mereka miliki. Namun, mungkin Anda belum begitu tahu mengenai kartu SIM itu sendiri.

SIM sendiri merupakan singkatan dari Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module sehingga kartu SIM berfungsi sebagai sirkuit terpadu penyimpan service subscriber key yang aman dan berguna untuk mengidentifikasi nomor ponsel pelanggan. Kartu SIM ini bisa dilepas sehingga bisa digunakan pada perangkat ponsel yang berlainan. Ada beberapa informasi yang dimiliki oleh masing-maing kartu SIM yang meliputi nomor seri unik. International mobile subscriber identity, otentifikasi untuk keamanan dan informasi sandi, informasi sementara yang dihubungkan dengan jaringan setempat, daftar pengguna yang mempunyai akses ke layanan, serta dua password berupa PIN dan PUK.

Dalam sistem komunikasi mobile di Indonesia, SIM Card disediakan oleh operator baik yang berjalan dalam jaringan GSM maupun CDMA dan digunakan untuk mendukung komunikasi. Setiap operator menawarkan produk layanan komunikasi yang beragam sehingga ada baiknya Anda mempertimbangkan berbagai hal sebelum menjatuhkan pilihan untuk membeli kartu SIM dari salah satu operator seluler di Indonesia. Anda perlu mempertimbangkan pendapat orang di sekitar Anda mengenai tarif layanan dan bahkan sinyal.

tips sim card awet

Jika Anda sudah menemukan pilihan kartu SIM yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda mungkin akan menggantungkan kebutuhan komunikasi dan informasi pada satu kartu SIM selama bertahun-tahun. Anda tidak boleh lupa untuk merawat dan membersihkan kartu SIM agar lebih awet meskipun sebenarnya Anda juga tidak akan mengalami kesulitan untuk mengganti kartu SIM tersebut jika rusak maupun hilang. Namun, Anda tidak perlu direpotkan dengan prodesur penggantian kartu dan terlebih masalah hilangnya daftar kontak dalam kartu SIM jika mengalami kerusakan apalagi hilang.

Tak sulit untuk merawat dan membersihkan SIM Card agar lebih awet. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan ponsel terlebih dahulu dan kemudian mengeluarkan kartu SIM dari dalam ponsel. Kartu SIM ini perlu Anda bersihkan dengan menggunakan cotton bud yang dicelupkan ke dalam sedikit alkohol. Cotton bud ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian luar chip kartu SIM yang tidak berwarna kuning.

Untuk membersihkan chip kartu SIM yang berwarna keemasan dengan mengelapnya menggunakan cotton bud atau tisu kering. Kartu SIM kemduian dibiarkan kering dengan sendirinya maupun dengan mengelapnya menggunakan tius kering. Setelah kering, Anda bisa memasang kembali kartu SIM tersebut pada ponsel dan Anda bisa menyalakan kembali ponsel Anda. Langkah ini bisa pula dilakukan pada kartu SIM yang tidak terbaca oleh beberapa ponsel.

tips sim card awet

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *