Agar Koneksi WiFi Tak Lagi Lambat

By on January 10, 2014
5.Agar Koneksi WiFi Tak Lagi Lambat1

Akses internet sudah bukan menjadi barang baru lagi bagi banyak orang di Indonesia. Kini banyak orang tidak hanya mengandalkan komputer untuk mengakses internet melainkan juga perangkat mobile. Banyak orang yang memiliki lebih dari satu perangkat yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Anda mungkin akan melihat banyak perangkat teknologi untuk mengakses internet di dalam sebuah rumah sehingga Anda mempertimbangkan untuk memasang koneksi WiFi sehingga setiap anggota keluarga bisa menikmati internet tanpa perlu menghubungkan komputer dengan modem misalnya.

Memiliki router WiFi sendiri di rumah memang menjadi salah satu cara yang efisien untuk keluarga modern yang ingin bisa mengakses internet dengan mudah termasuk dari komputer, tablet, maupun ponsel pintar. Akan tetapi, harapan ini tentu tidak akan berakhir sempurna jika koneksi internet melalui WiFi yang lambat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah teknis seperti konfigurasi router dan gangguan nirkabel. Anda bisa melakukan beberapa langkah ini agar koneksi internet melalui WiFi Anda bisa berjalan lancar.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa koneksi internet dengan menghubungkan kabel Ethernet ke modem Anda. Jika Anda masih merasakan koneksi internet lambat atau tidak bisa terhubung sama sekali, ISP Anda mungkin memang bermasalah dan Anda perlu menghubungi pihak ISP untuk mengadukan kondisi tersebut. Anda bisa memperbaiki koneksi internet melalui WiFi dengan memperbaharui firmware pada router maupun modem yang akan disertai dengan perbaikan bug dan software. Hal ini harus dilakukan secara rutin sehingga bahwa firmware modem dan router selalu dalam keadaan update.

koneksi wifi, android, apple, wifi, smartphone

Agar koneksi WiFi Anda lebih cepat, Anda perlu memastikan bahwa router WiFi Anda sebaiknya diletakkan di lokasi yang memaksimalkan sinyal sehingga kecepatan internet maksimum bisa Anda nikmati. Ada beberapa barang di dalam rumah yang bisa menyebabkan gangguan sinyal termasuk peralatan rumah tangga atau bahkan jaringan nirkabel tetangga. Jika hal ini terjadi, Anda cukup memindahkan router di lokasi yang dianggap lebih baik maupun mengganti nomor saluran WiFi.

Koneksi router WiFi pun perlu Anda atur hingga kemampuan maksimal. Umumnya perangkat WiFi mempunyai dukungan frekuensi 2.4 GHz 802.11 g dengan kecepatan maksimal 54 Mbps. Anda mungkin bisa memilih frekuensi WiFi 5 GHz, tetapi frekuensi ini hanya bisa dikoneksikan dengan perangkat dual band WiFi saja sementara perangkat 802.11n maupun 802.11ac tidak bisa dihubungkan dengan optimal. Konfigurasi router broadband juga perlu dipasang dengan maksimal.

Anda bisa pula mempertimbangkan untuk mengupgrade antena router jika memungkinkan dengan antena lebih besar sehingga kekuatan sinyal pun semakin besar. Yang jelas, Anda wajib mencari tahu terlebih dahulu mengenai penyebab menurunnya kecepatan internet lewat koneksi WiFi yang bisa disebabkan oleh perangkat lain atau bahkan orang lain yang menggunakan bandwith Anda. Internet worms boleh jadi menjadi penyebab lambatnya koneksi internet sehingga penting bagi Anda untuk mengamankannya dengan program antivirus yang dijalankan secara teratur.

koneksi wifi, android, apple, wifi, smartphone

BACA JUGA:

Restore Jailbreak Device Dengan Tool iLex Rat

Fitur Pembaca Dokumen Pada Laptop Untuk Pengguna Tuna Netra

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *