6 Tips Mengatasi Google Play Store Bermasalah Pada Smartphone Android

By on February 5, 2016
3. 6 Tips Mengatasi Google Play Store Bermasalah Pada Smartphone Android2

Google Play Store adalah salah satu aplikasi wajib yang terdapat pada perangkat smartphone Android. Aplikasi tersebut memiliki peranan penting bagi penggunanya karena menjadi sarana untuk mendapatkan berbagai aplikasi yang dibutuhkan. Tetapi kadang aplikasi bawaan ini mengalami masalah seperti tiba-tiba berhenti bekerja atau bahkan tidak bisa dibuka.

Tentu ini menjadi kendala yang kerap dijumpai oleh para pengguna perangkat berbasis Android. Oleh sebab itu berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah tersebut seperti dilansir dari situs Android Autorithy.

Menutup Paksa Aplikasi Play Store

Hal yang paling mudah kadang – kadang adalah dengan menutup aplikasi ini secara paksa. Anda hanya perlu menggusur aplikasi Play Store melalui laman multitasking. Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah pengguna memilih pada menu Settings kemudian pilih Apps dan All. Setelah itu carilah Google Play Store dan tap Force Stop.

Hidupkan Ulang (Restart) Smartphone

Ini merupakan salah satu cara yang paling banyak dilakukan saat Play Store bermasalah. Bahkan cara ini juga menjadi tips yang paling berpeluang berhasil dalam menyelesaikan berbagai masalah sekaligus yang terjadi pada smartphone Android.

Menghapus Cache di Play Store

Memori cache merupakan salah satu tool yang sangat membantu pengguna. Pasalnya sistem cache ini memungkinkan smartphone untuk mengurangi konsumsi data sekaligus mempercepat waktu muat. Tetapi kadang – kadang data yang diunduh saat mengakses sebuah aplikasi tidak terlalu berguna.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika pengguna secara rutin menghapus memori cache. Cara menghapus memori cache aplikasi Play Store adalah pengguna hanya perlu membuka menut Settings kemudian pilih Apps. Dari sana, cari aplikasi Google Play Store. Setelah itu pilih pada tombol Clear Cache.

Menghapus Data di Google Play Store

Bila tahap pembersihan data cache masih belum berhasil mengatasi masalah, pengguna dapat menghapus data di Play Store. Untuk menghapus data tersebut, pengguna hanya perlu melakukan langkah – langkah yang sama seperti saat hendak menghapus memori cache.

Namun pada langkah tersebut, pengguna tidak memilih Clear Cache melainkan Clear Data. Tetapi pada saat pengguna menghapus data, maka data yang disimpan oleh pengguna secara otomatis juga akan hilang. Jadi saat aplikasi Google Play Store aakan diakses lagi, pengguna perlu memasukkan akun Google lebih dulu.

Memeriksa Aplikasi yang Diblokir

Saat Play Store bermasalah, mungkin ada sistem aplikasi pada smartphone Android yang sedang berjalan tidak normal. Oleh sebab itu tak ada salahnya jika memeriksa aplikasi yang kemungkinan diblokir. Untuk melakukannya, bukalah menu Setting dan pilih Apps kemudian All. Setelah itu carilah aplikasi yang mungkin dalam keadaan disable, Bila ada cukup aktifkan lagi aplikasi tersebut.

Bila belum berhasil juga, haapus pembaruan pada Google Play Store dan membuatnya ke versi lebih lama. Cara melakukannya, masuk ke Settings kemudian Appls dan Google Play Store. Pilih uninstall updates. Hal yang perlu diingat, setelah menghapus update tersebut, pengguna masih dapat menginstal lagi pembaruan untuk aplikasi tersebut.

Periksa Google Play Services

Memeriksa Google Play Services merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah Play Store. Caranya pengguna hanya perlu mengikuti langkah seperti saat menghapus memori data dan cache pada Play Store. Tetapi ketika membuka App Manager, pilihlah Google Play Services lebih dulu.

Smartphone Android

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *