5 Vendor Asia Yang Mampu Kuasai Pasar Smartphone Dunia

By on December 9, 2014
Lenovo

Perlahan tapi pasti, beberapa vendor smartphone asal Asia kini telah mulai daun dan berperan penting dalam menentukan arah pasar smartphone di dunia. Stigma buruk tentang vendor Asia yang dikatakan murahan dan tukang jiplak pun akhirnya memudar. Bahkan berkat kreativitas dan inovasi yang diusung oleh vendor tersebut, akhirnya fitur yang tadinya dianggap murahan ini justru berubah menjadi trend.

Sebut saja fitur dual SIM yang dulu sangat identik dengan ponsel murahan, fitur layar sentuh yang dianggap gaya-gayaan, atau bahkan kamera putar yang diusung Oppo yang mengehebohkan dunia. Semua fitur tersebut bahkan kini menjadi salah satu fitur unggulan para pemain besar dunia smartphone.

Lantas, siapa saja sih vendor Asia yang rpuknya berhasil menguasai sebagian besar penyebaran smartphone didunia?

Samsung

Tidak hanya berkontribusi, tapi perusahaan asal Korea Selatan ini bahkan menjelma menjadi perusahaan terbesar yang mampu memasok smartphone ke seluruh penjuru dunia. Lewat seri galaxy yang diusungnya, Samsung menguasai pasar smartphone lintas benua, lintas generasi dan tentu saja lintas segmentasi. Bahkan lewat seri Galaxy ini, Samsung bahkan dinobatkan sebagai vendor penguasa pasar global.

Oppo

Berawal dari kesuksesannya memproduksi alat pemutar musik MP3 yang inovatif.  Perlahan tapi pasti produsen asal China ini mulai menjjejakan kakinya di dunia smartphone. Walaupun tergolong masih hijau, tapi Oppo mampu menjelma menjadi perusahaan besar dengan berbagai produk berkualitas tinggi. Salah satu yang paling kita kenal dari Oppo adalah, inovasi kamera putar yang menakjubkan.

Sony

Sebagai salah satu perusahaan Elektronik ternama di dunia, rasanya sangat pantas kalau akhirnya Sony mengembangkan sayap ke Industri smartphone. Sempat bergabung dengan perusahaan Ericsson dan membuat berbagai produk inovatif dengan brand Sony-Ericsson, membuat Sony akhirnya memutuskan untuk melepas nama Ericsson dan berdiri sendiri dengan brand Sony. Lewat seri Xperia-nya, Sony menjadi salah satu produsen smartphone yang setia dengan produk-produk inovatif berteknologi tinggi.

LG

Selalu jadi yang kedua di Korea Selatan, itulah nasib LG. Walaupun begitu, predikat yang sudah lama melekat ini tidak lantas membuat perusahaan eletronik kedua terbesar di Korea ini parah semangat. Bahkan lewat produk-produknya yang revolusioner, LG bakan diprediksi akan mampu menjungkalkan dominasi Samsung di pasar Global. Hal ini terbukti dengan merosotnya pasar Samsung dan mulai digantikan dengan beberapa produk LG seperti G3 dan lainnya.

Lenovo

Sempat di cap sebagai brand murahan dan tidak terlalu dipandang, tapi secara mengejutkan, Lenovo mampu membuktikan kalau mereka mampu mendulang sukses di pasar global, bahakn dalam segmentasi pasar yang berbeda. tidak hanya itu, Lenovo juga disebut-sebut sebagai vendor kuda hitam yang siap melibat lawannya yang miskin inovasi. Bahkan rumornya, setelah mencaplok Motorola dari Google, kini Lenovo siap-siap untuk mencaplok Blackberry.

 3. Giliran Samsung Gugat Nvidia Soal Hasil Uji Benchmark 1

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *