5 Tips Menggunakan Android, Mudah dan Cepat

By on October 1, 2013
4.5 Tips Menggunakan Android, Mudah dan Cepat3

Anda pengguna Android? Setiap kali diluncurkan versi baru OS ini, maka ada fitur-fitur baru yang dimasukkan didalamnya. Sayang, Google tidak menyediakan informasi jelas tentang beberapa fitur baru ini. Jadi, ini dia 5 tips menggunakan Android.

  1. Memakai Keyboard

Ada beberapa langkah mudah mengoperasikan keyboard. Pertama, tombol “?123” untuk mengubah ke mode angka terasa merepotkan. Anda bisa menekan dan tahan huruf “Q” untuk angka 1, “W” untuk angka 2, “E” untuk angka 3 dan seterusnya.

Bila Anda biasa menggunakan keyboard analog, saat menggunakan keyboard touch screen akan sedikit sulit dan kurang nyaman. Tapi, Android terbaru mempunyai fitur Swype. Fitur ini membantu anda mengetik kata tanpa mengangkat jari dari keyboard. Hal ini bisa mempermudah mengetik kata secara akurat.

Bila saat mengetik kata tidak ada garis diantara huruf-huruf yang anda ingin tekan, maka fitur ini tidak aktif. Untuk mengaktifkannya, tahan tombol “Space bar”, pilih “Select Input Method” dan pilih “Swype”.

  1. Unlock ponsel

Anda bisa mengamankan ponsel anda tidak dengan password lagi, tetapi dengan wajah anda. Tapi, fitur ini hanya tersedia pada Smartphone Android yang mempunyai kamera depan. Cara mengaktifkannya buka “Settings”, “Security”, “Screen Lock”, dan pilih “Face Unlock”.

  1. Screenshot

Tips menggunakan Android berikutnya membuat screenshot. Hanya menekan dan tahan tombol “Home” dan “volume down” maka anda bisa mengambil screenshot. Hasilnya disimpan di folder Gallery. Fitur ini hanya tersedia di Android versi Ice Cream Sandwich ke atas.

  1. Akses Cepat

Menemukan nomor telepon akan sangat sulit, bila anda mencarinya satu-satu. Anda bisa membuka menu All Apps, pilih Widgets dan pilih Widget Contact. Dengan widget ini, Anda bisa menaruh foto orang yang Anda akan hubungi di layar Home. Dengan menekan foto ini, anda bisa menelepon orang yang bersangkutan.

  1. Widget Power Control

Seperti namanya, Anda bisa menggunakan widget ini untuk mengatur banyak setting, seperti WiFi, Bluetooth, GPS, automatic syncing atau mengatur kecerahan layar. Dengan cara ini, Anda bisa lebih menghemat baterai.

Semua tips menggunakan Android diatas hanya dicoba pada Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Ada kemungkinan tips diatas tidak bisa digunakan pada Android versi sebelumnya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *