5 Nama Besar dalam Daftar Brand Smartphone Gagal

By on September 9, 2015
2. 5 Nama Besar dalam Daftar Brand Smartphone Gagal 1

Perkembangan teknologi yang sangat cepat saat ini mendatangkan berbagai inovasi, termasuk pada produk-produk gadget dan Smartphone. Samsung dapat dikatakan sukses menggunakan perubahan yang cepat ini dan berhasil menjadi raja di pasar Smartphone. Sayangnya, ada beberapa produsen Smartphone yang gagal mempertahankan eksistensi mereka. 5 nama ini merupakan nama-nama terkenal diantara banyak brand Smartphone gagal.

BlackBerry

Nama BlackBerry pernah bersinar sebagai salah satu brand ponsel pintar paling populer. Salah satu fitur menarik dari produk Blackberry adalah adanya fitur BlackBerry Messenger (BBM). BBM menjadi salah satu aplikasi pengirim pesan yang wajib dimiliki oleh pengguna Smartphone kala itu. Ciri khas produk BlackBerry yang menggunakan keypad QWERTY juga menjadi daya tarik produk mereka.

Sayangnya, BlackBerry kian hari dipandang tidak lagi sesuai dengan kebutuhan teknologi terkini. Alhasil, produk ini tidak lagi menarik minat pengguna gadget. BlackBerry berusaha mengatasi hal ini dengan menjual produk yang menggunakan OS Android. Tetapi, bila langkah ini gagal, kemungkinan perusahaan BlackBerry akan dijual.

HTC

HTC adalah brand Smartphone yang pertama kali menjual produk yang menggunakan OS Android. Saat produk ini diluncurkan, banyak pecinta gadget yang mencarinya dan menggunakannya. Sayangnya, karena kesalahan strategi, produk HTC kalah bersaing. HTC sebenarnya masih aktif memproduksi ponsel pintar, tetapi saat ini mereka kalah bersaing dengan brand besar lainnya.

Palm

Pada masa peralihan dari produk ponsel lama ke Smartphone, terdapat produk PDA (Personal Digital Assistants) yang beredar di pasar. Palm menjadi brand terdepat kala itu. Akan tetapi, setelah perusahaan Palm dibeli oleh Hewlett Packard (HP), produk mereka semakin meredup dan tidak menarik. Pada titik inilah, Palm mulai menjadi salah satu brand Smartphone gagal.

Brand Smartphone Gagal

Siemens

Anda pasti mengenal brand ini dan mungkin pernah menggunakan produk mereka. Memang, Siemens pernah menjadi penguasa pasar ponsel bersama Nokia. Akan tetapi, runtuhnya kejayaan Siemens di pasar ponsel dimulai saat perusahaan ini dibeli oleh BenQ pada tahun 2005.

Setelah dibeli BenQ, mereka meluncurkan beberapa produk dengan nama BenQSiemens. Sayangnya, produk ini tidak laku dan kalah bersaing dengan brand lainnya.

Nokia

Brand Smartphone gagal lainnya adalah Nokia. Nokia dapat dikatakan sebagai raja pasar ponsel di masa lalu. Produk-produk mereka menjadi kegemaran pengguna ponsel bahkan menjadi kebanggaan mereka. Hal ini berlaku untuk semua seri dan kelas dari produk yang diluncurkan perusahaan asal Finlandia ini.

Pada saat teknologi ponsel beralih ke teknologi Smartphone, Nokia sebenarnya sudah mengantisipasinya dan mengikuti perubahan yang ada. Mereka bekerjasama dengan Microsoft dan menggunakan OS besutan Microsoft, yaitu Windows Phone. Sayang, produk mereka kalah bersaing dengan produk Android dan bertambah buruk, setelah divisi ponsel Nokia dibeli oleh Microsoft.

Brand Smartphone Gagal

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *