5 Langkah Mudah Selesaikan Masalah Gagal Boot Up

By on October 31, 2015
3. 5 Langkah Mudah Selesaikan Masalah Gagal Boot Up 2

Salah satu masalah yang cukup serius yang dapat menimpa komputer Anda adalah saat komputer Anda gagal boot up. Bila hal ini terjadi, Anda mungkin harus menginstal ulang OS Windows Anda. Namun, sebelum melakukannya, akan lebih baik bila Anda mendeteksi dan memperbaikinya.

Menganalisis Sistem Boot Windows

Pada saat komputer Anda menyala, Basic Input Output System (BIOS) atau pada Windows terbaru bernama Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) akan menjalankan file-file yang perlu dijalankan. Proses ini dikenal dengan Master Boot Record (MBR) atau GUID Partition Table pada Windows 10. Bila proses ini gagal, maka komputer Anda akan gagal booting.

Tingkat kerusakan pada proses ini dapat dilihat dari tampilan setelah booting gagal. Bila Anda menemui layar biru, maka proses ini berhasil, tetapi tidak dapat selesai sampai akhir. Namun, bila Anda menemukan layar hitam dengan kursor berkedip, maka MBR atau GPT komputer Anda kemungkinan rusak.

Windows System Repair Disk

Langkah pertama memperbaiki komputer Anda adalah dengan membuat repair disk. Anda dapat menggunakan flashdisk untuk Windows 8 dan 10, sedangkan Windows 7 ke bawah, Anda memerlukan CD.

Cara membaut repair disk cukup mudah. Anda hanya perlu memasang flashdisk, jalankan perintah Create a Recovery Drive dan komputer Anda akan melakukan proses format pada flashdisk Anda. Setelah itu, flashdisk Anda dapat Anda gunakan untuk melakukan booting, menganalisis dan memperbaiki masalah gagal boot up.

Blue Screen

Masalah ini dapat muncul karena adanya kerusakan driver OS komputer Anda. Untuk memperbaikinya, Anda perlu mencabut semua aksesoris, mulai dari speakermouse, modem, flashdisk dan lainnya. Bila masalah ini masih ada, maka penyebabnya bukanlah kerusakan driver.

Langkah selanjutnya adalah menggunakan repair disk Anda dan melakukan perbaikan. Untuk Windows 8 dan 10, Anda dapat menggunakan fasilitas Automatic Repair. Untuk Windows 7, Anda dapat menggunakan System Restore.

Black Screen Cursor Windows 10

Masalah baru di Windows 10 ini dapat disebabkan oleh masalah pada driver grafis dari komputer Anda. Masalah ini timbul karena Windows 10 mendeteksi bahwa driver bermasalah tersebut sudah dijalankan dengan benar. Anda dapat menginstall ulang driver grafis untuk menyelesaikan masalah ini.

Black Screen dengan Underscore Berkedip

Masalah ini muncul karena harddisk komputer Anda tidak terdeteksi. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuka pengaturan BIOS atau UEFI. Ubah sambungan harddisk dari RAID atau IDE menjadi AHCI, atau sebaliknya. Untuk Windows 7, Anda harus berhati-hati dalam melakukan hal ini, karena dapat menghapus file sistem komputer Anda.

Bila cara-cara diatas tetap tidak dapat menyelesakan masalah gagal boot up komputer Anda, cara terakhir adalah dengan membawa komputer Anda ke service center. Cara ini paling ampuh, meskipun Anda mungkin harus mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya.

Gagal Boot Up

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *