5 Hal yang Membuat Baterai Smartphone Boros

By on February 13, 2014
Agar-Baterai-Smartphone-Tidak-Cepat-Habis-dan-Rusak-Baca-Tips-Berikut

Smartphone-smartphone yang diluncurkan beberapa tahun belakangan ini hadir dengan membawa spesipikasi yang sangat canggih. Saat ini smartphone terus berkembang dengan teknologi yang dimilikinya, produk ini  membawa ukuran layar dengan kualitas lebih jernih serta prosesor yang lebih cepat setiap tahunnya. Tetapi terlepas dari semua kecanggihan dan perkembangan yang dimiliki smartphone, ada satu hal yang hampir tidak pernah berubah di setiap generasinya, yakni digunakannya baterai Li-ion dalam hampir setiap produk smartphone yang beredar dipasaran. Hal inilah yang membuat banyak smartphone canggih sulit untuk tidak bisa terlepas dari yang namanya charger atau powerbank .

Tetapi, sebenarnya masalah borosnya pemakaianbaterai pada smartphone ini ternyata dapat diketahui penyebabnya. Di bawah ini adalah 5 penyebab umum kenapa pemakaian baterai smartphone kamu terasa begitu boros.

Koneksi internet Smartphone

Koneksi internet smartphone seperti WiFi, GPS ataupun Bluetooth yang selalu aktif  adalah salah satu hal paling ganas yang memakan daya dari baterai smartphone.

Maka dari itu, sebaiknya kamu non-aktifkan segala konektivitas tersebut jika kamu tidak memerlukannya. Dengan melakukan hal ini maka umur dari daya baterai bisa bertahan lebih panjang.

Jaringan yang Buruk

Kualitas jaringan internet yang buruk ternyata dapat merusak baterai smartponemu. Dalam kondisi dimana smartponemu mendapatkan jaringan buruk, smartphone yang kamu miliki akan bekerja sangat keras agar mampu mendapatkan sinyal. Hal inilah yang membuat daya dari baterai cepat terkuras.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu masuk ke pengaturan. Setelah itu pada menu network mode pilihlah menu ‘Auto Mode’. Dengan begini, smartphonemu secara otomatis akan menangkap sinyal yang paling baik, tetapi koneksi internet mungkin akan sedikit melambat.

Tampilan Display

waktu aktif layar smartphone yang cukup lama dan pencahayaan yang di-setting secara maksimal pada layar smartphone dapat mengakibatkan baterai smartphone milikmu lebih boros.

Untuk menghindari masalah ini maka sebaiknya kamu mengurangi kadar kecerahan pada smartphone milikmu ketika berada dalam ruangan dan usahakan untuk mensetting waktu aktif layar dengan jangka waktu yang relatif pendek.

Aplikasi terkoneksi internet

Penyebab keempat yang memnyebabkan borosnya pemakaian baterai smartphone adalah terlalu banyak aplikasi yang membutuhkan jaringan internet.

Aplikasi seperti Yahoo Messenger, Skype dan Google+ membutuhkan koneksi internet secara terus menerus. Dengan demikian, aplikasi ini juga sangat rakus dalam hal menyedot daya dari baterai. Jika kamu tidak terlalu membutuhkan aplikasi tersebut maka sebaiknya hapus semua aplikasi tersebut.

Pengisian Baterai

Selain beberapa hal yang telah disebutkan diatas ternyata borosnya pemakaian baterai smartphone juga dapat disebabkan oleh cara pengisian yang salah. Contoh seperti mengisi baterai sambil menelepon atau bermain game. Kebiasaan ini dapat menyebabkan suhu smartphone meningkat drastis. Suhu panas inilah yang merusak baterai smartpone kamu.

 baterai-hape-140130b

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *