4 Tips Memformat Komputer Mac Sebelum Menjualnya Kembali

By on October 13, 2013
5. 4 Tips Memformat Komputer Mac Sebelum Menjualnya Kembali1

Pengguna komputer besutan Apple, Mac Pro, tentu akan menemukan berbagai perbedaan sistem antara komputer yang mereka pakai dengan PC yang digunakan oleh kebanyakan orang. Dengan begitu, jika seorang pengguna komputer Mac ingin mereset komputer Mac pada kondisi dari pabrik sebelum menjual atau menyumbangkannya, tentu ada perbedaan antara cara memformat komputer Mac dan care mereset atau memformat komputer yang digunakan kebanyakan orang.Jika Anda adalah pengguna komputer Mac, Anda tentu ingin menyelamatkan data di komputer Anda. Seperti dilansir dari Cnet pada Jumat, 11 Oktober 2013, berikut adalah tips untuk memformat atau mereset komputer Mac Anda sebelum menjual komputer tersebut kepada orang lain.

1. Backup Seluruh Data yang Anda di Komputer

Untuk menformat atau mereset komputer Mac yang Anda gunakan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mem-backup seluruh data yang ada di komputer Anda tersebut. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan menggunakan Time Machien maupun suatu program yang bisa Anda gunakan untuk mengkloning sistem komputer Mac yang Anda gunakan.

2. Pastikan Untuk Menonaktifkan Akun Online

Jika Anda ingin memformat komputer Mac Anda, langkah kedua yang harus Anda lakukan setelah Anda mem-backup data yang ada di komputer Anda yaitu memastikan bahwa komputer Mac Anda sudah tidak terhubung dengan berbagai akun yang Anda gunakan di dunia maya. Yang terpenting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sistem yang telah terintegrasi dengan situs Apple seperti, misalnya, iTunes dan lain sebagainya.

3. Copot Semua Perangkat Tambahan yang Anda Gunakan

Jika ketika Anda menggunakan komputer Mac Anda melakukan upgrade hardware tambahan dengan tujuan untuk meningkatkan performa komputer seperti RAM maupun hard disk, pastikan Anda mencopot semuanya. Setelah mencopotnya, berikan kepada penjual komputer Mac yang betul-betul seperti keluaran dari pabrik kecuali jika Anda menjual komputer Anda beserta dengan berbagai perangkat tambahan yang Anda pakai di komputer Mac Anda.

4. Format Kemudian Install Ulang Komputer Anda

Untuk mereset komputer Mac Anda ke kondisi semula seperti ketika baru Anda beli dari pabrik, langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah memformat kemudian menginstall ulang komputer tersebut. Jika Anda menginstall sistem operasi OS X terbaru yang anda beli dari App Store, itu berarti secara teknis lisensi sistem operasi OS X yang Anda beli tersebut akan menjadi milik Anda. Namun begitu, hal tersebut bukan masalah yang cukup berarti mengingat pengguna selanjutnya bebas memilih untuk menggunakan versi OS X mana yang lebih ia sukai. Jika Anda ingin memformat komputer Mac yang Anda gunakan sebelum Anda menjual komputer tersebut, ada empat langkah penting yang harus Anda perhatikan dalam melakukannya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *