4 Hal yang Mengindikasikan Berjangkitnya Malware di Android

By on October 13, 2013
4. 4 Hal yang Mengindikasikan Berjangkitnya Malware di Android1

Tak diragukan lagi, pertumbuhan jumlah pengguna gadget dengan sistem operasi Android begitu luar biasa mengingat belum ada pencapaian OS smartphone serta tablet yang sefenomenal Android. Untuk tambahan informasi, pertengahan April lalu, ada kurang lebih 1,5 juta perangkat Android yang aktif setiap harinya. Saat ini, ada total 750 juta perangkat Android yang aktif di seantero dunia dan tak heran jika tak lama lagi, sistem operasi besutan Google ini dapat menembus angka 1 miliar pengguna. Biar begitu ibarat pepatah ‘ada gula ada semut’, semakin populernya OS Android juga menyebabkan munculnya berbagai macam malware di Androiddimana informasi dari Trend Micro menyebutkan pada awal Maret 2013 bahwa 1 dari perangkat dengan sistem operasi Android terserang malware.

Malware yang menyerang Android sendiri diduga ‘berkembang biak’ melalui perantara aplikasi dimana aplikasi yang tersedia di Google Play pun tidak luput dari kemungkinan terjangkit malware. Informasi dari Trend Micro juga menyebutkan bahwa 1 dari 10 aplikasi yang tersedia di Google Play rawan terjangkit malware dan hal ini menjadi semakin miris mengingat saat ini ada sekitar 700 ribu aplikasi tersedia di Google Play. Jika Anda belum tahu, malware merupakan software yang dibuat untuk menyusup ataupun merusak sistem komputer maupun jejaring komputer tanpa adanya izin dari sang pemilik. Biarpun begitu, jika Anda mengetahui bahwa adamalware di Android Anda, Anda tidak perlu merasa khawatir mengingat ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menanggulanginya.

Jika Anda mengetahui bahwa perangkat Android yang Anda gunakan terjangkit malware, cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menanggulanginya yaitu mengunduh beberapa produk antivirus dan menginstalnya pada perangkat Anda. Selain menginstal antivirus, Anda juga bisa mencari tahu ciri-ciri perangkat yang terjangkit Android untuk mengetahui apakah perangkat Android Anda terjangkit malware atau tidak. Berikut adalah berbagai ciri perangkat Android yang terjangkit malware yang harus Anda ketahui jika Anda adalah seorang pengguna perangkat Android.

1. Perangkat Menjadi Boros Baterai

Pada dasarnya, boros baterai yang terjadi pada gadget bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti terlalu banyak aplikasi serta fitur yang aktif, misalnya. Namun, jika baterai perangkat Android Anda ternyata lebih boros dari biasanya, Anda patut waspada karena mungkin saja ada malware dan adware yang masuk ke perangkat Anda seperti aplikasi dengan tampilan iklan yang terlampau banyak. Hal tersebut dapat menguras koneksi data Anda dan parahnya, hal tersebut dapat menguras energi baterai. Jika terbukti Anda tidak dapat mengatasi hal tersebut dengan antivirus, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memutus koneksi mobile data perangkat Anda.

2. Perangkat Menjadi Boros Pulsa dan Paket Data

Selain menggerogoti baterai, adanya malware juga dapat menguras pulsa pada perangkat Android yang Anda gunakan. Tak hanya menguras pulsa paket data melalui berbagai aplikasi dan iklan, malware juga dapat menggerogoti pulsa Anda dengan cara mengirim SMS ke berbagai nomer. Modus SMS sendiri biasanya jarang dijumpai mengingat umumnya, sistem malware hanya akan mengirim SMS secara berkala.

3. Performa Perangkat Menurun

Walaupun perangkat Android Anda memiliki processor Dual Core atau processor yang lebih handal, Quad Core, serta dibekali RAM 2GHz, tidak ada jaminan perangkat Anda akan bekerja dengan lancar mengingat malware dapat membuat banyak program berjalan di background. Hal tersebut tentu berpengaruh pada penggunaan RAM di perangkat Anda. Untuk mendiagnosa hal tersebut, Anda bisa mencoba menginstal aplikasi CPU monitor yang banyak tersedia di Google Play. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat mengetahui aplikasi apa saja yang membebani RAM perangkat Anda.

4. Terjadi Gangguan Saat Menelepon

Selain mempengaruhi kinerja perangkat Android dengan menjalankan berbagai program di background, malware juga dapat mempengaruhi panggilan masuk pada perangkat ketika melakukan panggilan. Malware tersebut dapat menjadi cukup mengganggu mengingat malware tersebut akan mengganggu percakapan dengan cara memunculkan suara-suara aneh. Meski begitu, gangguan suara sendiri tidak serta merta disebabkan oleh malware mengingat mungkin saja terjadi gangguan di jaringan operator Anda. Singkat kata, Jika Anda ingin mengetahui apakah ada malware di Android Anda, ada empat cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahuinya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *