3 Cara Memperbaiki Komputer yang Perlu Anda Ketahui

By on October 15, 2013
5a 3 Cara Memperbaiki Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Banyak sekali masalah yang mungkin akan muncul apabila Anda hendak menjalankan komputer Anda. Masalah yang sering muncul di komputer biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu masalah software dan masalah hardware. Untuk masalah software, tentunya ada berbagai solusi yang bisa anda lakukan untuk bisa membuat komputer Anda berjalan dengan sempurna lagi. Namun untuk masalah hardware, biasanya solusinya akan lebih susah lagi karena sudah melibatkan perangkat keras atau core yang ada dalam komputer. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki komputer Anda yang bermasalah.

Pertama, Anda harus melakukan penggantian dari komponen yang ada di komputer yang Anda miliki apabila menemukan kesalahan didalamnya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli yang baru. Untuk kerusakan pada komputer yang tiba-tiba tidak bisa nyala sendiri meskipun Anda sudah merestartnya berkali-kali berarti Anda harus mengganti hardisk yang ada di komputer Anda. Sebelum Anda membeli hardisk yang tepat untuk komputer Anda tersebut, pastikan untuk menyediakan budget yang cukup mengingat harga dari hardisk tentunya juga cukup mahal. Kemungkinan lain yang rusak adalah motherboard dari komputer Anda. Jika Anda hendak memperbaiki masalah ini, ada baiknya Anda berpikir dua kali. Mengapa? Karena harga dari hardware ini sangat mahal dan tentu saja sama dengan harga jika anda membeli laptop yang baru.

5c 3 Cara Memperbaiki Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Kedua, cara untuk menuntaskan masalah software dari komputer Anda bisa dilakukan dengan berbagai macam metode. Salah satunya adalah dengan menggunakan software tune up yang akan membantu untuk menyelesaikan masalah registry yang ada dalam komalputer yang Anda miliki. Ditambah lagi, Anda juga  bisa melakukan defragment pada hardisk Anda apabila memiliki masalah yang signifikan, misalnya laptop Anda mulai lemot, maka Anda harus mengecek bagian ini. Melakukan Defrag terhadap Data (D) dan data (C) adalah hal yang harus Anda lakukan. Ingat untuk selalu melakukan hal ini selama 1 kali dalam seminggu supaya komputer Anda tetap dalam kondisi yang baik dan stabil.

Ketiga, memperbaiki komputer juga tidak semudah yang biasanya Anda lakukan. Pasalnya ada komponen tertentu yang  biasanya tetancap langsung bersamaan dengan processornya. Misalnya saja VGA Anda rusak. Maka anda akan mendapati layar monitor PC Anda tidak bisa menampilkan gambar dengan jelas bahkan cenderung buram dan berwarna biru. Maka dari itu, masalah yang satu ini biasanya akan menuntut anda untuk memperbaiki processor yang dimiliki oleh PC Anda tersebut juga. Mengesampingkan hal tersebut, masalah VGA biasanya juga jarang terjadi apabila Anda tidak terlalu memaksa PC anda untuk bermain game dan membuka aplikasi yang berat dalam waktu yang lama tentunya. Komputer biasanya akan cepat panas jika Anda membuka program dan aplikasi yang berat.

5b 3 Cara Memperbaiki Komputer yang Perlu Anda Ketahui

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *