285 juta unit Smartphone Berada Di pasaran Saat Ini

By on May 2, 2014
14031051713345620X310780x390

Firma Strategy Analytics baru-baru ini telah merilis riset terbarunya tentang kondisi pasar smartphone global pada Selasa 29/04/2014 kemarin. Dalam laporannya, firma tersebut mengatakan bahwa pengiriman smartphone tahun ini meningkat tajam menjadi 33 persen jika dibandingkan tahun lalu pada kuartal yang sama, tapi sayangnya belakangan ini para pemain besar sudah mulai kehilangan pasar mereka yang tergerus oleh vendor-vendor baru yang terus bermunculan dengan berbagai inovasinya.

Firma Strategy Analytics sendiri memperkirakan bahwa hingga akhir kuartal pertama 2014 ini, sepertinya jumlah smartphone yang telah dikapalkan telah mencapai angka 285 juta unit di pasaran global. Angka ini dinilai sangat jauh jika dibandingkan dengan kuartal pertama pada 2013 yang lalu, pada tahun tersebut jumlah smartphone yang dikapalkan hanya sejumlah 213 juta unit saja. Pada saat itu, samsung dan Apple menjadi penyumbang terbesar dalam ekspansi barang-barang buatannya.

Sampai akhir Maret 2014 ini saja, pihak Samsung telah mengapalkan sebanyak 89 juta smartphone dan mampu meraih pangsa pasar sebanyak 31 persen di pasaran Global. Sementara di sisi lain, pihak Apple sendiri telah berhasil mengapalkan sebanyak 43,7 juta unit iPhone dengan berbagai versi di seluruh dunia dan mampu memperoleh pangsa pasar sebesar 15 persen atau lebih kecil 16 persen dari pesaing utama mereka, yakni Samsung.

Tapi walau keduanya masih menjadi pemain utama industri smartphone global, tapi pangsa pasar Apple dan Samsung ini dinilai cenderung turun dari tahun-tahun sebelumnya. Samsung sendiri untuk pertama kalinya sejak kuartal empat 2009 telah mengalami penurunan raihan pangsa pasar di pasaran Global, dan hal ini sama seperti seperti Apple yang juga mulai mengalami penurunan pangsa pasar. Setahun yang lalu saja, pihak Samsung masih menguasai 32 persen pasar smartphone dunia dan kini hanya mampu menguasai 31 persen saja atau menurun satu persen jika dibandingkan tahun lalu.

Menurut Strategic Analytic sendiri, penurunan akngka tersebut disebabkan utamanya karena persaingan yang ketat dengan Apple di segmen ponsel high-end yang terus memanas dari waktu ke waktu, hal ini di tambah dengan rongrongan dari vendor smartphone Tiongkok di segmen low-end yang terus berinovasi untuk membuat produk-produk mereka menarik di pasaran, mislanya saja seperti Huawei dan Lenovo yang kini terus memperbaiki diri dan kualitas produksinya.

Sementara itu pangsa pasar Apple sendiri turun dari kuartal pertama 2013 sebesar 17 persen menjadi 15 persen di kuartal pertama tahun 2014 ini atau menurun sekitar 2 persen dari tahun lalu. Hal tersebut utamanya disebabkan oleh tidak adanya perangkat kategori entry-level yang diduga menjadi penyebab utama turunnya pangsa pasar Apple ini.

3.Rumor Tampilan iOS 8 dan iWatch dari Apple2

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *