10 Cara Mudah Meningkatkan Performa Symbian

By on April 21, 2013
symbn-1

symbn-1

Performa ponsel symbian memang berada di bawah Blackberry, Android, atau bahkan iOS. Tetapi ponsel symbian masih mempunyai kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya baik untuk berinternet melalui aplikasi maupun bermain game. Bagi Anda yang menggunakan ponsel Symbian, berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan performa symbian.

Menghemat Daya Baterai

Untuk menghemat daya baterai pada ponsel symbian, sebaiknya nonaktifkan semua koneksi yang tidak diperlukan. Caranya melalui bar notifikasi, ganti status Wi-Fi, Bluetooth, Mobile Data, dan aplikasi lainnya menjadi off.

Pindah ke Jaringan 2G

Jika Anda tidak berada di jaringan 3G, sebaiknya pindahkan jaringan menjadi 2G karena pengaturan Dual Mode ponsel akan memakan banyak daya untuk mencari jaringan 3G. Caranya pilih menu settings kemudian pilih connectivity. Ganti Network Mode menjadi GSM.

Aktifkan Power Saving

Power Saving dapat membantu Anda menghemat baterai saat baterai hampir habis. Cara mengaktifkannya, tekan tombol off hingga muncul pilihan yang meminta Anda untuk mengaktifkan power saving.

Nonaktifkan Widget yang Tidak Diperlukan

Widget aktif yang tidak dibutuhkan tentu akan mengurangi performa ponsel. Oleh sebab itu sebaiknya widget yang tidak diperlukan sebaiknya dinonaktifkan semua. Atau, hilangkan widget yang ada di homescreen.

Hilangkan Panel Halaman Homescreen

Symbian secara default memiliki empat panel homscreen. Homescreen yang banyak dapat menurunkan performa Symbian. Maka, sebaiknya panel halaman homescreen dihilangkan untuk menghemat layar homescreen. Pilih ikon option dan pilih Delete this homescreen.

Setting Wallpaper dan Themes Dalam Keadaan Default

Wallpaper, screensaver, dan themes memang membuat ponsel Anda menjadi lebih menarik. Tetapi penggunaannya yang berlebih dapat menguras banyak daya. Sebaiknya Anda memilih setting default atau justru menonaktifkannya.

Menurunkan Tingkat Kecerahan

Brightness memang penting ketika berada di luar ruangan. Namun jika tidak memerlukan layar yang cerah, sebaiknya tingkat brightness untuk layar diturunkan sesuai dengan kebutuhan. Caranya pilih menu setting>>phone>>display. Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan.

Tutup Aplikasi Setelah Digunakan

Multitasking memang merupakan kemampuan andalan ponsel Symbian. Namun multitasking juga membuat ponsel cepat panas dan kinerjanya melambat. Oleh sebab itu sebaiknya tutup kembali aplikasi–aplikasi yang sudah tidak digunakan. Cara menutup aplikasi dengan cepat adalah menekan tombol menu hingga muncul aplikasi yang tengah digunakan. Pilih ikon close.

symbn-2

Disable Aplikasi yang Berjalan Secara Background

Aplikasi–aplikasi yang berjalan secara background dapat menguras banyak daya dan mengurangi performa. Oleh sebab itu sebaiknya disable semua aplikasi tersebut atau pilih autostart. Selain itu, Anda juga bisa menghapus aplikasi–aplikasi yang tidak pernah digunakan.

Nonaktifkan Konten Gambar atau Flash Saat Berinternet

Jika Anda tidak menggunakan paket data saat berinternet, untuk menghemat pulsa sebaiknya konten gambar atau flash dinonaktifkan dan memilih versi text saja. Hal ini juga dapat mempercepat kecepatan browsing. Caranya pada browser pilih setting>>page, kemudian pada pilihan load content pilih text only.

Dengan performa symbian yang lebih baik, Anda tentu akan lebih nyaman menggunakan dan menikmati fitur–fitur yang ada di dalam ponsel Symbian Anda.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *