10 Cara Mudah Agar Ponsel Symbian Anda Melaju Kencang

By on October 10, 2013

Anda mempunyai atau masih menggunakan ponsel Symbian? Bila ya, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan peforma ponsel ini.

1. Nonaktifkan koneksi

Anda bisa melakukannya melalui homescreen. Ganti status Bluetooth, Wi-Fi dan Mobile Data menjadi off.

2. Matikan jaringan 3G

Ponsel Symbian akan terus mencari jaringan 3G meskipun Anda tidak menggunakan internet. Buka menu “Setting”, “Connectivity” dan pilih GSM.

3. Power Saving

Tekan tombol off sampai muncul pilihan untuk mengaktifkan fitur ini. Lalu, pilih Turn Power Saving On. Cara ini dapat menghemat baterai ponsel Anda.

4. Widget yang tidak diperlukan

Nonaktifkan widget yang tidak Anda perlukan. Bila widget tersebut aktif secara terus menerus, baterai ponsel Symbian Anda akan cepat habis, dan peformanya menurun. Untuk lebih meningkatkan peforma ponsel Anda, Anda bisa menghilangkan widget-widget tersebut.

Caranya, tekan dan tahan widget yang tidak diperlukan. Saat muncul pilihan remove pada bagian kanan atas widget, pilih untuk menghilangkannya.

5. Jumlah Homescreen

Ponsel Symbian mempunyai 4 Homescreen standar. 4 Homescreen ini dapat membebani peforma Symbian. Jadi, Anda perlu menghilangkan Homescreen yang terlalu banyak ini. Caranya, pilih ikon option yang berada dikanan bawah Homescreen yang tidak Anda perlukan, lalu pilih Delete this homescreen.

6. Wallpaper, Themes dan Screensaver

Ketiga hal tersebut membuat ponsel anda terlihat menarik. Akan tetapi, ketiga hal ini pula yang membuat peforma ponsel Symbian anda melambat.

Akan lebih baik, bila anda menonaktifkan fitur ini. Pilih “Setting”, “General” atau Screensaver untuk mematikannya. Untuk Wallpaper, tekan dan tahan Homescreen  sampai muncul pilihan, dan pilih Default.

7. Brightness

Naikkan brightness saat diperlukan saja. Bila tidak diperlukan, anda bisa mengurangi tingkat brightness layar anda. Pilih Setting, Phone, Display dan atur brightness sesuai yang Anda butuhkan.

8. Multitasking

Multitasking adalah kemampuan hebat dari ponsel Symbian. Akan tetapi, bila anda menggunakan terlalu banyak aplikasi tanpa mematikannya atau anda hanya menekan tombol Home saja, maka ponsel akan berjalan lambat dan cepat panas.

Tekan dan tahan tombol menu sampai muncul tampilan aplikasi yang sedang berjalan. Dan, pilih ikon close dipojok kanan atas untuk menutupnya.

9. Matikan aplikasi berjalan secara background

Banyaknya aplikasi yang berjalan secara background akan mengurangi kecepatan ponsel Symbian Anda. Matikan atau disable aplikasi ini atau aplikasi yang berjalan melalui fitur autostart.

Akan lebih baik, bila anda menghilangkan aplikasi yang berjalan secara background yang tidak Anda butuhkan. Pilih Setting, Installation dan pilih aplikasi yang akan Anda hilangkan.

10. Internet hemat

Saat menggunakan internet, Anda mungkin juga menampilkan gambar dan animasi flash. Ternyata hal ini dapat menghambat kinerja ponsel Symbian Anda. Jadi, gunakan tampilan yang lebih sederhana.

Matikan gambar dan animasi flash. Caranya, pilih Browser, Setting, Page dan matikan semua fitur tersebut, sehingga, konten website hanya berupa text saja.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *