Xiaomi Akhirnya Boleh Pasarkan Smartphone Android Lagi di India

By on December 18, 2014
2.Xiaomi Akhirnya Boleh Pasarkan Smartphone Android Lagi di India.1

Untuk sementara itu, Xiaomi dapat bernafas dengan sedikit lega. Pasalnya mulai hari Selasa kemarin yaitu 16 Desember 2014, pabrikan smartphone Android yang berbasis di Tiongkok ini sudah diperbolehkan lagi untuk menjual produk – produk mereka di India.

Seperti dilansir dari lama Recode, pengailan di India untuk sementara ini telah mencabut larangan atas penjualan perangkat – perangkat buatan Xiaomi. Izin penjualan produk Xiaomi tersebut diberlakukan sampai pada tanggal 8 Januari 2015 mendatang, yaitu pada saat di mana proses hukum akan kembali dilanjutkan.

“Kami merasa senang untuk mengumumkan bahwa Pengadilan Tinggi Delhi sudah mengeluarkan keputusan yang mendukung kami sehingga memungkinkan Xiaomi untuk meneruskan penjualan produk kami di India dalam kurun waktu tertentu,” ucap Hugo Barra selaku Vice President Global Xiaomi melalui akun resmi Facebooknya.

Tetapi ada harga yang perlu dibayar oleh pihak Xiaomi dalam rangka mendapatkan izin berjualan sementara itu. Berdasarkan informasi dari Ericsson, Xiaomi diwajibkan untuk menyetorkan uang sebesar 100 rupee India atau sekitar Rp 20 ribu untuk tiap perangkat Xiaomi yang terjual di India.

Xiaomi sebelumnya tidak diperbolehkan untuk menjual produk smartphone Android mereka di India oleh Pengadilan Tinggi Delhi. Hal ini disebabkan karena Xiaomi dianggap sudah melanggar hak paten kepunyaan Ericsson.

Hak paten yang dimaksudkan oleh Ericsson merupakan paten yang penting yaitu bila digunakan oleh sebuah perusahaan lain, maka perusahaan yang menggunakan paten itu harus membayar biaya lisensinya. Selain itu, ada juga kabar yang menyebutkan bahwa salah satu alasan pelarangan hak Xiaomi berjualan itu adalah karena pihak Xiaomi tidak memberi respon terkait keberatan dari pihak Ericsson.

Disebutkan juga bahwa perusahaan telekomunikasi dari Swedia itu sebenarnya telah meminta tanggapan Xiaomi sejak bulan Juli 2014 sebanyak 6 kali. Selain dilarang untuk berjualan produknya, Xiaomi juga bersama dengan partner e-commerce di India, Flipkart juga dilarang untuk memasang iklan, membuat, dan bahkan mengimpor perangkat.

Xiaomi sendiri sampai saat ini telah menjadi salah satu produsen smartphone terbesar di dunia yang menempati urutan keempat. Nama Xiaomi sendiri seolah telah melejit di tahun 2014 ini karena menawarkan produk unggulan dengan harga yang cukup terjangkau.

Di tahun 2013, Xiaomi telah sukses menjual produknya lewat Xiaomi Mi3. Smartphone tersebut di Tiongkok laku jutaan unit hanya dalam beberapa unit. Hal ini disebabkan karena Xiaomi telah dikenal sebagai vendor smartphone yang berkualitas dan tidak main – main dalam membuat produknya.

Di tahun 2014 ini, Xiaomi telah membuat generasi penerus smartphone Android Mi3 lewat Xiaomi Mi4 yang tidak kalah sukses dengan generasi sebelumnya. Di Indonesia sendiri, penjualan smartphone Xiaomi yaitu Xiaomi Redmi 1S dan Xiaomi Redmi Note laku keras di pasaran karena mengusung spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang terjangkau.

2.Xiaomi Akhirnya Boleh Pasarkan Smartphone Android Lagi di India.2

Xiaomi Akhirnya Boleh Pasarkan Smartphone Android Lagi di India

Baca Juga :

Bocoran Design Xiaomi Mi5 Bocor, Lagi-lagi Mirip iPhone 6

Di Hari Jomblo, 720 Ribu Smartphon Xiaomi Ludes Terjual

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *