WhatsApp Menutup 2 Juta Akun Setiap Bulan untuk Mencegah Spam dan Berita Palsu

By on February 7, 2019
unnamed (1)

WhatsApp memperkenalkan sejumlah perubahan dan batasan bulan lalu, yang dimaksudkan untuk mencegah penyebaran berita palsu. Mulai bulan lalu, pengguna WhatsApp terbatas hanya meneruskan lima pesan, padahal sebelumnya aplikasi itu menawarkan penerusan pesan tanpa batas.

Spam dan berita palsu tampaknya menjadi masalah utama bagi media sosial dan layanan pesan akhir-akhir ini, tetapi banyak perusahaan yang kewalahan dengan masalah ini. Meskipun agak terlambat, perubahan yang dilakukan WhatsApp terhadap layanan perpesanannya mengubahnya menjadi aplikasi yang tidak terlalu bersifat spam.

Dalam hal ini, WhatsApp mengonfirmasi sebelumnya hari ini bahwa mereka berusaha mencegah spam dan berita palsu menggunakan sistem pembelajaran mesin yang mampu melarang sekitar 2 juta akun per bulan, VentureBeat melaporkan.

Sistem pembelajaran mesin WhatsApp sangat canggih sehingga sekarang dapat melarang 20% ​​akun bermasalah tepat pada saat registrasi, sehingga menghapus segala jenis spam atau informasi yang keliru yang akan ditebar oleh akun-akun ini sebelum dilarang.

Tapi itu bukan hanya sistem pembelajaran mesin canggih yang mampu melarang akun mencurigakan, karena WhatsApp mengklaim bahwa 25% dari 2 juta akun yang dilarang setiap bulan didasarkan pada intervensi manusia.

Selain itu, perusahaan bahkan dapat mengidentifikasi metode baru yang memanfaatkan pengguna WhatsApp untuk menyalahgunakan platform, seperti kemampuan untuk menjalankan beberapa contoh akun yang berbeda di komputer yang sama, yang kemudian digunakan untuk spam atau berita palsu.

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *