Waspadailah 5 Gejala Malware pada Android

By on June 1, 2013
Waspadailah 5 Gejala Malware pada Android-1

Sangat wajar jika semakin populer sebuah platform maka semakin banyak malware yang akan mengancam. Android adalah salah satu platform terpopuler yang memiliki banyak sekali pengguna di seluruh dunia saat ini. Android dipilih oleh para pemakainya karena dinilai memiliki berbagai kelebihan, seperti lebih cepat dan praktis. Akan tetapi sangat berbahaya apabila gadget Android kita terinfeksi malware. Malware adalah program jahat yang menyusup ke gadget Android kita. Begitu masuk, dia akan bekerja secara diam-diam untuk mencuri data atau menghabiskan kuota internet kita.

Kita perlu waspada karena malware cukup sulit dideteksi. Terlebih lagi, diketahui bahwa jumlah gadget Android yang terkena malware mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 2012 kemarin. Tercatat jumlahnya meningkat hingga 3 kali lipat dari jumlah pada tahun 2011. Setidaknya kita perlu tau gejala apa saja yang mungkin timbul saat gadget Android terinfeksi malware, sehingga kita bisa segera membasminya sebelum terlalu merugikan.

5 Gejala Gadget Android Terinfeksi Malware

Gejala yang pertama adalah daya tahan atau kapasitas baterai terasa menurun. Jika baterai kita lebih cepat habis tanpa sebab yang jelas, bisa jadi masalahnya bukan karena baterai drop, akan tetapi karena malware yang terus beroperasi.

Gejala yang kedua adalah sering terjadi gangguan saat melakukan panggilan. Jika Anda mendapati gadget Android Anda sering mendapatkan gangguan Dropped Call padahal Anda mendapatkan sinyal yang baik, maka bisa jadi itu adalah akibat dari aktifitas malware.

Gejala yang ketiga adalah membengkaknya tagihan telepon secara tidak wajar. Jika Anda tidak sering menelepon atau berkirim sms premium, sementara tiba-tiba tagihan Anda membengkak atau pulsa cepat habis, maka bisa jadi penyebabnya adalah malware. Karena itu, dianjurkan bagi para pengguna Android untuk selalu memeriksa tagihan bulanan untuk melihat apakah ada tagihan tidak wajar.

Gejala yang keempat adalah terjadinya peningkatan konsumsi data secara tiba-tiba. Kita bisa mewaspadainya dengan menginstal aplikasi pengukur kuota data pada gadget Android kita.

Gejala yang kelima adalah performa gadget menurun. Kualitas performa tentu dipengaruhi oleh spesifikasi hardware yang terpasang. Jika performanya dinilai tidak sebanding dengan spesifikasi yang terpasang atau tiba-tiba kita merasa performa gadget menurun, maka kita perlu memeriksa konsumsi RAM apakah wajar atau tidak.

Mengatasi Malware secara Efektif

SONY DSC

Menurut Android Developer Dashboard, sistem operasi Android Gingerbeard, Ice Cream Sandwich, dan Jelly Bean adalah tiga versi Android yang paling rentan terinfeksi malware. Ada dua cara yang bisa kita lakukan jika gadget Android terserang malware. Yang pertama adalah menghapus aplikasi yang disusupi malware. Jika cara tersebut tidak berhasil, maka kita bisa melakukan factory reset. Untuk mengamankan smartphone dari ancaman virus dan  malware, kita bisa menginstal aplikasi keamanan Android yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Anda juga bisa melakukan seleksi ketat terhadap permintaan  permission yang muncul pada layar ketika menjalankan aplikasi tertentu.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *