UHQA Bisa Rekonstruksi Audio Hingga Mendekati Rekaman Aslinya

By on October 18, 2015
UHQA

Salah satu kegiatan yang tengah populer di kalangan pengguna smartphone adalah, menonton film dan mendengarkan musik. Karena inilah banyak orang yang akhirnya mencari smartphone dengan spesifikasi yang menunjang kegiatannya tersebut.

Untuk masalah kualitas layar, mungkin saat ini banyak smartphone yang menawarkan kualitas layar beresolusi tinggi, dari mulai resolusi 720p yang dimiliki smartphone berkualitas menengah ke bawah, hingga yang tertinggi adalah resolusi layar 4K.

Tapi yang jadi pertanyaan, bagaimana dengan kualitas suaranya?

Seperti kita ketahui, perpindahan dari featured phone ke smartphone telah memberikan banyak sekali peningkatan, dari mulai sistem operasi, kinerja prosesor, kapasitas penyimpanan, hingga kualitas gambar yang disajikan. Tapi sayangnya, hingga sekarang untuk masalah kualitas audio seolah terpinggirkan.

Buktinya, selama ini kebanyakan produsen smartphone hanya mampu menyajikan kualitas audio setara dengan suara MP3, atau paling tinggi setara dengan kualitas CD dengan kedalaman 16 bit. Biasanya kualitas audio smartphone berada di frekuensi 44,1-48 kHz.

Sayangnya, walaupun terdengar sedikit bagus, peningkatan kualitas tersebut tidak mencerminkan keaslian dari suara rekaman yang asli, atau minimalnya mendekati aslinya. Apalagi kalau kualitas audio tersebut dinikmati dengan perangkat tambahan, headset, headphone atau speaker dengan kualitas yang sangat baik.

Tapi beruntung sekarang ini kita hidup di era serba mudah, di mana sekarang ini pengguna smartphone bisa menikmati kualitas suara terbaik dengan teknologi Ultra High-Quality Audio (UHQA). Seperti kita ketahui, kedalaman suara UHQA berada di kedalaman 24 bit dengan frekuensi 96-192 kHz.

UHQA 1

Dengan kualitas audio UHQA, anda bisa menikmati audio musik, dan bahkan bisa menikmati film dengan kualitas audio yang sangat jernih. Hal ini mungkin dilakukan dengan menghadirkan penyesuaian equaliser dan spatial effect secara real-time.

Tidak hanya itu, kelebihan dari kualitas UHQA ini mampu merekonstruksi suara seperti kualitas rekaman suara aslinya. Sayang, hingga saat ini masih sedikit perangkat yang hadir dengan kualitas audio UHQA, salah satunya adalah Samsung Galaxy Note 5. Tapi sayang, tidak banyak yang tahu soal ini!

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *