Pengguna Iphone “Hijau”, Ini Nih Tips Iphone Buat Kamu

By on September 16, 2016
iPhone

Untuk kamu pengguna iPhone yang bener-bener baru menggunakan iPhone, selamat datang di dunia Apple! Iphone merupakan sebuah smartphone yang sangat unggul dan terkesan sangat eksklusif di semua jajaran smartphone. Hmmm, mantap betul iPhone itu. Oh iya, bagi kamu pengguna baru, ada beberapa tips agar kamu ga “hijau” banget. Mau tau apa aja tipsnya? Keep reading, bro!

  1. Install iTunes di Komputer
iTunes

iTunes

Apple itu bikin iTunes bukan sekedar buat muter musik dan belanja aplikasi, melainkan untuk mengorganisir file pada perangkat yang menggunakan iOS, iPhone contohnya. Dari iTunes kamu bisa back up file, menambah dan menghapus lagu, video, foto, dan aplikasi lainnya. Sebenernya nginstall iTunes bisa entar-entaran kok, kalo kamu beli iPhone di iBox dan ingin segera mengaktifkannya, lebih baik skip ke tips ke dua.

  1. Aktifasi iOS
iOS

iOS

Asiiik, sudah punya iPhone sekarang. Keluarin dari kardus, colok kartu SIM, lalu aktifkan deh. Oh iya, slot SIM card kamu di sisi kanan rangka yah. Bisa kan bukanya? Tinggal dicolok pake SIM opener kok. Oh iya, pakenya yang Nano SIM yah. Kalo ga punya, kalian bisa menghubungi provider kalian, kalo ga yaaa dipotong aja kartu SIM kamu. Setelah dimasukin kartu SIM, baru deh nyalain iPhone kamu itu.

Hap, seketika iPhone kalian akan hidup dan kalian akan bertemu welcome screen. Tunggu sebentar sampe si iPhone ini mengenali kartu SIM kamu, setelah itu slide pada bagian slide to set up untuk mengatur beberapa awalan umum smartphone dengan sedikit sentuhan Apple. Sentuhan Apple maksudnya itu apa? Sentuhan Apple itu maksudnya beberapa fitur yang ga akan kalian temukan di smartphone lain, contohnya:

  1. Set Up Your iPhone. Pilih set up new iPhone, kalian kan baru pertama pake iPhone dan ga punya data back up dari iTunes sebelumnya.
  2. Login Apple ID. Kamu bisa bikin dengan melalui menu Create a Free Apple ID, atau kamu bisa membuatnya nanti saat menggunakan iTunes di komputer biar lebih gampang.
  3. Aktifasi iCloud, Find My iPhone, Set Up Touch ID (untuk iPhone 5S ke atas), dan terakhir membuat passcode.
  4. Aktifasi Siri, setelah itu kamu akan ketemu deh sama welcome screen bertulisan Welcome to iPhone dan Get Started pada bagian bawah yang bisa kamu tekan untuk masuk ke home screen.
  1. Membuat Apple ID
Apple ID

Apple ID

Nah, iPhone kamu kan sudah aktif, sekarang waktunya bikin iTunes ID di komputer. Ga usah dijelasin yah, gampang kok. Jika sudah jadi akunnya, gunakan akunny untuk login dari aplikasi settings – iTunes & App Store, oh iya iPhone kamu harus dalam keadaan terkoneksi dengan internet yah. Lalu login di meniu iCloud lewat settings – iCloud pake email yang sama seperti Apple ID kamu.

  1. Setting dan Sinkronasi Perangkat iOS

Seperti yang kita tahu, Apple membuat perangkat iOS dan iTunes seperti saudara kembar yang tidak bisa pisah dan saling melengkapi. Jadi kalo mau pake aplikasi, dengerin musik, file manager, dan lain sebagainya di iPhone ya harus melalui iTunes. Sama juga jika kalian ingin memformat iPhone kalian, harus lewat si iTunes ini.

  1. Konfigurasi iCloud
iCloud

iCloud

Cloud Service buatan Apple yang diberi nama iCloud ini sangat membantu kamu dalam sinkronisasi beberapa hal dari perangkat iOS kamu dengan komputer. Sebagai contoh kamu bisa menambahkan kontak teman-teman kamu di website iCloud melalui komputer dan secara otomatis, kontak itu akan muncul bersamaan di perangkatmu yang lain.

Aktifkan iCloud pada iPhone melalui aplikasi Settings – iCloud. Opsi yang dapat kamu aktifkan yaitu: Mail, Contatcs, Calendars, Reminders, Safarai, Notes, Passbook, Keychain, Photos, Document & Data dan Find My iPhone.

  1. Konfigurasi Keamanan
keamanan iPhone

keamanan iPhone

Untuk konfigurasi keamanan, iPhone punya program yang bernama Find My iPhone. Nah, dengan program ini kamu bisa mengetahui di mana letak iPhone kamu, menguncinya dri jauh, serta melacaknya. Keren kan? Jika sudah, mari lanjut ke passcode.

Sama dengan passcode, ngaktifinnya juga via iCloud. Caranya juga sama ke settings – iCloud – Find My iPhone. Lalu aktifkan fitur restriction.

Restriction buat apa? Ya biar kamu membatasi aplikasi kamu biar lebih aman dan mungkin ekonomis.

  1. Pelajari Aplikasi Bawaan
Aplikasi iPhone

Aplikasi iPhone

Aplikasi bawaan itu seperti apa sih? Ya seperti Safari, Mail, App Store, dan lain sebagainya. Mereka sangat berguna, jadi pelajari baik-baik yah. Berarti setelah mempelajari ini, pengaturan dasar sudah selesai dong? Bener banget, sudah selesai. Lalu tips pengguna iPhone “hijau” akan berlanjut ke pengunduhan.

  1. Unduh Aplikasi yang Diperlukan di App Store
App Store

App Store

Di dalam App Store banyak banget aplikasi yang sangat berguna dan kamu perlukan. Ada yang gratis dan ada pula yang bayar. Gunakan aplikasi yang sering kamu gunakan di home yah, biar ga bingung.

Begitulah sekiranya tips bagi pengguna iPhone yang masih “hijau”. Sama sekali ga susah kok menggunakan iPhone. Begitu kamu “tuned in” pasti langsung jatuh hati dan seraya tidak ingin menggunakan perangkat lain.

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *