Tips Memilih Kamera dengan Fitur WiFi

By on April 15, 2013
kam-wifi-1

kam-wifi-1

Teknologi kamera saat ini memang semakin canggih saja. Bahkan selain mengusung teknologi yang umum dimiliki oleh setiap kamera, kini kamera juga telah menerapkan teknologi WiFi sebagai media transfer datanya. Fitur ini memang termasuk baru. Akan tetapi penggunaannya sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi layaknya kamera lainnya, kamera WiFi diciptakan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Kebutuhan ini biasanya memang mengacu pada kebutuhan seseorang untuk mengunggah foto ke internet dengan lebih cepat. Karena itulah kamera ini lebih populer di kalangan orang-orang yang gemar mengakses situs jejaring sosial ataupun fotografer yang sering mengunggah hasil jepretannya ke internet.

Meski telah dilengkapi fitur yang menarik dan memudahkan seseorang untuk berbagi foto, memilih kamera dengan fitur WiFi juga harus hati-hati. Pilihan hendaknya lebih didasarkan pada kebutuhan, bukan pada keinginan. Karena itu agar tidak salah pilih berikut beberapa tips memilih kamera berwifi.

Perhatikan Spesifikasi Kamera

Saat hendak memilih kamera, hal pertama yang harus diperhatikan adalah spesifikasi yang dimilikinya. Untuk memperoleh kualitas gambar yang baik, resolusi kamera memang menjadi pertimbangan pertama. Akan tetapi perlu diingat bahwa ukuran pixel kamera tidak selalu menjamin bahwa kamera tersebut memang memiliki kemampuan yang baik. Kualitas gambar yang dihasilkan juga ditentukan oleh hal-hal lain. Untuk itu perhatikan apakah kamera tersebut mendukung pengambilan gambar bergerak atau tidak. Jika yang dibutuhkan adalah kamera sederhana dan lebih sering digunakan untuk mengangkap objek bergerak, sebaiknya pilih kamera yang memang telah mendukung hal tersebut sehingga kualitas gambar yang diambil tidak blur.

Lensa juga harus dipertimbangkan. Untuk lebar lensa pocket, ukuran 24 mm sebenarnya sudah termasuk ideal. Jadi tidak perlu membeli kamera dengan spesifikasi yang sangat tinggi, apalagi jika tidak dibutuhkan performa yang sangat luar biasa. Daya tahan baterai juga perlu dipertimbangkan. Semakin besar kapasitas baterai memang semakin baik. Akan tetapi sekali lagi sesuaikan hal tersebut dengan kebutuhan. Jika memang sering berada di luar ruangan dan membutuhkan baterai dengan kapasitas yang besar, maka memilih kamera dengan kapasitas baterai yang besar dapat menjadi pilihan terbaik.

kam-wifi-2

Pertimbangkan Fitur-Fitur Lain yang Memudahkan Penggunaan

Kamera pocket memang dibuat dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya. Karena itu perhatikan fitur-fitur tersebut. Fitur yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan WiFi dengan lebih mudah juga perlu dipertimbangkan. Fitur ini tentunya akan lebih memudahkan proses sinkronisasi kamera dengan device lain, jadi pengguna tidak perlu repot-repot dalam mengirim file foto yang telah dipotret. Untuk beberapa kamera sebenarnya juga sudah ada yang telah dibenamkan software jejaring sosial. Jadi pengguna dapat langsung mengupload gambar hasil jepretannya langsung dari kamera. Jika yang dibutuhkan adalah kamera yang mampu mengunggah foto ke situs jejaring sosial dengan lebih mudah, maka sebaiknya pertimbangkan kamera yang memiliki fitur tersebut.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *