Tips Atasi Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

By on September 23, 2016
Play Store

Siapa sih di antara kita yang ga tau apa itu Play Store? Play Store merupakan sebuah toko virtual yang ada di OS Android. Di tempat ini kita bisa membeli atau mengunduh aplikasi yang kita butuhkan, jika kita pengguna android yah. Dari aplikasi berbayar sampai aplikasi gratis bisa kita unduh di sini. Ga hanya aplikasi loh, bisa unduh game juga. Sama juga sih, bisa game berbayar ataupun game gratis juga. Pokoknya berguna banget ini Play Store. Jangan sampai terhapus atau rusak pokoknya. Tapi mungkin ada di antara kita yang Play Store-nya rusak. Rusaknya mungkin itu seperti ga bisa dibuka. Nah, di sini kami akan memberikan sebuah tips untuk mengatasi Play Store yang tidak bisa dibuka.

  1. Perhatikan Waktu

Google akan secara otomatis membaca dan mencocokan waktu yang terpampang dan tertera pada gadget kamu. Termasuk waktu yang terdapat pada Play Store. Jika waktu pada gadget dan Play Store tidak singkron, maka Play Store kamu tidak bisa dibuka.

Untuk menanggulanginya gampang banget, kamu cuma harus menyesuaikan waktu yang terpampang di gadget dan Play Store kamu.

  1. Bersihkan Cache dan Data Play Store

Sebenarnya di beberapa kasus, Play Store dibuka dengan cara membersihkan cache dan data yang tersisa padanya. Cara ini disinyalir menyebabkan Google Play Store kembali ke settingan awal atau settingan pabrik. Untuk catatan, semua data dan akunnya juga terhapus, termasuk pengaturan akunnya juga terhapus. Walaupun sudah terhapus, kamu pasti bisa masuk lagi ke Play Store lagi kok.

  1. Install Google Play Store Terbaru

Cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengintsall Play Store versi terbaru. Ingat yah, versi terbaru! Kenapa harus yang terbaru? Karena versi terbaru Play Store ini sudah pasti sangat stabil dan jauh dari lag dan bug pada versi sebelumnya.

  1. Reset Akun Google

Jika cara-cara di atas belum bisa mengembalikan Play Store seperti pada sedia kala, sepertinya kamu harus sign out akun Google kamu dari gadget kamu. Kalo udah sign out langsung sign in lagi. Kenapa harus melakukan ini? Karena dengan melakukan ini pihak Google akan melakukan setting ulang akun Google kamu pada semua gadget.

  1. Factory Reset

Empat cara di atas sudah dinilai paling ampuh untuk mengatasi Play Store yang ga bisa dibuka, namun jika ga bisa dibuka, factory reset adalah jawaban dari segalanya. Factory reset akan mengahapus semua aplikasi yang kamu install, data akun, dan pengaturanmu. Pokoknya bener-bener seperti saat awal kamu beli deh.

Itulah sekiranya cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Play Store yang ga bisa dibuka. Semoga artikel ini membantu kamu yah.

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *