Tips Agar Baterai Smartphone Anda Bertahan Lama

By on April 8, 2013
mh

mh

Baterai smartphone memerlukan pengisian sebesar 1 watt secara konstan dalam jangka waktu 5 jam. Untuk itu supaya baterai smartphone Anda bisa bertahan lama, Anda perlu mengurangi beberapa penggunaan yang ada di smartphone Anda.
Bagi Anda yang belum mengetahui caranya simak beberapa tips di bawah ini:

1. Mengurangi Cerahnya Layar Smartphone Anda
Caranya masuk ke menu “Settings” lalu tekan pilihan “Display” dan Anda akan menemukan tulisan “Brightness” di sini Anda bisa mengurangi besarnya kecerahan layar Anda. Tapi sebaiknya Anda mengaturnya ke ukuran cerahnya layar yang masih bisa Anda lihat dan tidak terlalu redup.

2. Mengurangi Batas Waktu Layar Menyala Ketika Diam
Seringkali smartphone Anda masih menyala dalam waktu lama walaupun Anda sudah menguncinya. Hal ini juga yang membuat baterai smartphone Anda cepat habis. Cara untuk menguranginya, masuk kembali ke menu “Settings” dan “Display” lalu Anda tekan pilihan “Screen Time-Out” nanti Anda akan diberi pilihan berapa lama waktu layar menyala ketika diam. Agar baterai smartphone bertahan lama, sebaiknya Anda pilih “15 seconds” yang akan membuat lampu smartphone Anda akan mati jika dalam 15 detik smartphone dalam keadaan diam.

3. Matikan Koneksi Bluetooth
Dengan mematikan koneksi bluetooth akan membuat smartphone Anda bisa bertahan 1 jam lebih lama.

4. Matikan GPS Jika Tidak Digunakan
Jika sementara Anda tidak menggunakan sosial media atau maps yang membutuhkan GPS smartphone Anda, sebaiknya Anda matikan, karena GPS juga membuat baterai smartphone Anda cepat habis.

5. Hindari Penggunaan Task Killer
Mungkin Anda kira aplikasi Task Killer bisa membantu Anda tapi nyatanya aplikasi tersebut sangat menguras daya baterai smartphone Anda dan sebaiknya Anda singkirkan jika Anda ingin baterai smartphone Anda bertahan lebih lama.

6. Matikan Notifikasi yang Tidak Penting
Notifikasi sering Anda anggap sebagai hal yang sepele, tapi hal ini justru bisa membuat baterai Anda menjadi cepat berkurangnya. Jika ada notifikasi penting sebaiknya Anda buka secepatnya dan kalau tidak penting sebaiknya segera Anda hapus untuk kelangsungan baterai smartphone Anda.

Anda bisa melihat penjelasan lebih lanjut lewat video di bawah ini yang dibuat oleh Hack College:

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *