Teknologi Tahan Air pada Telepon Genggam

By on April 14, 2013
air-2

air-1

Teknologi terus berkembang untuk mengatasi masalah dan mempermudah berbagai hal, salah satunya dalam bidang desain gadget. Terdapat banyak aplikasi teknologi terbaru guna mendukung atau menambah fitur dari gadget–gadget yg sebenarnya cukup lazim ditemui di pasaran. Salah satunya adalah teknologi water proof atau tahan air; telah ada banyak barang yang didesain tahan air dan salah satu produk yang mulai dilirik untuk dibuat dengan teknologi ini adalah telepon genggam. Sebenarnya di masa lalu telah ada beberapa telepon genggam yang didesain dengan kemampuan tahan air seperti layaknya jam tangan.

Manfaat Fitur Tahan Air pada Telepon Genggam

Salah satu alasan mengapa teknologi tahan air dikembangkan karena air dapat menjadi bahan yang berbahaya atau merusak bagi beberapa barang terutama alat elektronik yang akan mengalami arus pendek ketika terkena air, hal ini dapat menimbulkan kerusakan yang cukup parah pada alat elektronik. Jam tangan merupakan salah satu benda yang kebanyakan dibuat dengan teknologi tahan air karena alat ini beresiko terkena atau tercelup air ketika dipakai beraktifitas. Salah satu alat elektronik atau gadget lain yang juga memiliki resiko basah atau terkena air adalah telepon genggam, entah itu karena hujan ataupun sang pemakai telepon genggam tengah melakukan kegiatan yang berkaitan dengan air.

Mereka yang senang melakukan kegiatan luar ruangan ataupun petualangan dan perlu membawa telepon genggam ketika berkegiatan jelas membutuhkan fitur anti air. Kebanyakan telpon genggam dengan fitur anti air juga biasanya didesain menjadi gadget yang tahan benturan. Telepon genggam yang memang didesain untuk kegiatan luar ruangan, petualangan dan juga kegiatan di sekitar air memerlukan gadget yang memang mendukung kegiatan–kegiatan tersebut.

air-2

Teknologi Tahan Air untuk Telepon Genggam

Ada beberapa metode untuk membuat desain gadget anti air, salah satunya adalah dengan membuat desain dengan sistem pelindung atau seal agar mencegah air masuk ke bagian dalam dari telepon genggam melalui lubang speaker, charger ataupun microphone. Dengan sistem seal atau segel karet, telepon genggam dapat terlindung dari air ataupun debu, namun sistem ini kurang efektif jika diterapkan pada lingkungan basar bertekanan tinggi semisal di kedalaman air.

Nano coating technology atau teknologi nano untuk pelapisan juga memberikan solusi bagi perlindungan telepon genggam ataupun gadget lain dari kondisi lingkungan yang basah, teknologi ini bahkan memungkinkan layar sentuh telepon genggam tetap dapat digunakan secara normal. Beberapa produsen telepon genggam telah mengeluarkan produk yang didesain agar tahan terhadap cuaca ataupun lingkungan ekstrim seperti Sony Ericsson ST17i Xperia Active dan Samsung S5690 Galaxy Xcover. Selain itu Kyocera Torque juga mempunyai fitur anti air serta beberapa fitur unggulan lain sebagai pilihan telepon genggam untuk keperluan luar ruangan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *