Smartphone Pertama yang Menggunakan Sistem Pendingin Liquid

By on May 21, 2013
Smartphone-Pertama-yang-Menggunakan-Sistem-Pendingin-Liquid-2

Teknologi smartphone memang terus berkembang. Semakin canggih dan semakin bertenaga, itulah yang berusaha diwujudkan oleh para vendor smartphone, seperti keistimewaan Sony Xperia ZR yang bisa merekam video kualitas tinggi di dalam air. Namun smartphone masih dilingkup oleh beberapa masalah yang hingga kini masih belum bisa teratasi. Selain keluhan akan daya tahan baterai yang hanya mampu bertahan selama satu hari, smartphone juga dikenal sebagai perangkat yang mudah panas.

Hal ini sangat terasa saat menjalankan aplikasi yang cukup memberatkan smartphone. Akan tetapi permasalahan panasnya smartphone ini tampaknya tidak akan bertahan lama. Untuk mengatasi masalah ini, kini telah hadir smartphone yang menerapkan teknologi pendingin liquid yang dipercaya mampu memberikan kualitas pendinginan hardware dengan lebih baik.

Pendinginan yang Jauh lebih Optimal

Sistem pendingin liquid sebenarnya memang sudah dikenal di PC. Namun penerapannya masih sangat terbatas. Jika dilihat dari efektifitas dalam mendinginkan hardware, system ini memang dikenal memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan sistem pendinginan yang umum digunakan. Jika diperhatikan, tampaknya inilah yang melatar-belakangi diterapkannya sistem pendingin liquid pada smartphone. Perusahaan yang menerapkan teknologi ini masih sangat sedikit. Baru perusahaan yang bernama NEC saja yang meluncurkan smartphone bersistem pendingin liquid.

Medias X 06E, ini adalah produk besutan NEC yang telah dilengkapi dengan sistem pendingin liquid. Sistem pendingin liquid ini dipasangkan pada bagian layar tepatnya pada bagian samping prosesor. Hal ini tentunya mampu meredam panas saat smartphone sedang melakukan aktifitas. Dengan demikian, mengambil video, foto ataupun bermain game tidak akan terasa begitu memberatkan smartphone. Bahkan tidak ada lagi hawa panas yang mengganggu.

Dengan adanya pipa pendingin liquid yang ditanamkan pada belakang layar dan samping prosesor, panas prosesor akan ditransfer melalui penguapan berulang dan kondensasi. Dengan demikian proses pendinginan smartphone akan berjalan lebih efektif dan lebih cepat dibandingkan dengan sistem pendinginan biasa.

Spesifikasi Medias X 06E

Smartphone-Pertama-yang-Menggunakan-Sistem-Pendingin-Liquid-1

Menilik spesifikasi Medias X 06E, smartphone ini tampaknya memang telah dilengkapi dengan spesifikasi hardware yang cukup tinggi. Layarnya sendiri telah menggunakan layar OLED 4,7 inch. Prosesornya sendiri telah menggunakan Snapdragon Quadcore 1,7 GHz. Untuk memberikan performa pengambilan gambar yang optimal, smartphone ini telah dibekali dengan kamera beresolusi 13,1 MP. Dengan spesifikasi seperti itu tentunya smartphone ini akan mampu memberikan performa yang cukup mengagumkan. Tidak hanya cepat dalam memproses data saja, smartphone ini juga mampu mengambil gambar dengan hasil yang cukup mengagumkan.

Sayangnya smartphone Medias X 06E ini baru akan tersedia di Jepang melalui operator NTT DoCoMo pada sekitar bulan Juni mendatang. Akan tetapi terkait apakah smartphone ini akan dilempar ke dunia atau tidak belum ada kepastian. Namun jika penerapan sistem pendingin liquid ini memang berhasil dan banyak diminati oleh pengguna smartphone, bukan hal yang mustahil bagi vendor lain untuk mengikuti jejak NEC.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *