Smartphone Android Pertama di Dunia

By on August 2, 2013
91.Smartphone-Android-Pertama-di-Dunia_1

Saat ini Android memang menjadi salah satu platform smartphone paling fenomenal. Bahkan dominasi iOS dapat tergantikan oleh perangkat Android. Jumlah pengguna perangkat Android juga terus meningkat dengan pesat. Lebih dari itu, ada banyak vendor smartphone dan tablet yang juga tertarik untuk mengadopsi OS berlogo robot hijau ini.

Kesuksesan Android sebenarnya berawal dari masa-masa sulit. Sejak Google mengakuisisi perusahaan pengembang software kecil bernama Android pada tahun 2005, hasil dari akuisisi ini baru tampak pada tahun 2008. Pada tahun ini perangkat Android pertama muncul akan tetapi peminatnya belum sebesar saat ini. Akan tetapi smartphone apa sajakah yang pertama kali menghadirkan platform Android ini?

Smartphone Android Pertama

Smartphone Android pertama sebenarnya tidak terlalu istimewa. Ponsel yang bernama T-Mobile G1 ini hadir pada bulan Oktober 2008 dengan spesifikasi yang masih rendah dan tidak cukup bagus. Ponsel ini bahkan tidak memiliki jack headphone standard dan tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan aplikasi yang sudah diunduh ke dalam memory card. Meski demikian smartphone ini telah hadir dengan keypad full QWERTY, dukungan terhadap jaringan 3G, WiFi, GPS dan Bluetooth.

91.Smartphone-Android-Pertama-di-Dunia_2

Ponsel berikutnya yang turut mengadopsi OS Android adalah T-Mobile MyTouch 3G. Tampaknya dari awal T-Mobile memang menaruh minat yang tinggi terhadap platform Android. Bahkan T-Mobile meluncurkan smartphone berbasis Android keduanya melalui T-Mobile MyTouch 3G. Hanya saja T-Mobile MyTouch 3G sudah menggunakan Android versi 1.5 Cupcake.

Kemunculan T-Mobile MyTouch 3G  sebenarnya memiliki selisih 9 bulan sejak peluncuran T-Mobile G1. Akan tetapi berbeda dengan smartphone Android versi sebelumnya, smartphone ini hadir dengan desain yang sangat menarik dan memiliki kemampuan untuk mengatur interface sesuai dengan keinginan. Smartphone ini memang hadir dengan menawarkan beberapa kemudahan bagi penggunanya, akan tetapi perangkat ini masih belum mendukung jack headset 3,5 mm, file manager dan pilihan camera editing. Selain itu smartphone ini juga masih belum mendukung sinkronisasi kalender dan kontak.

Smartphone Android Pertama HTC

91.Smartphone-Android-Pertama-di-Dunia_3

Kemunculan smartphone Android pertama ternyata tidak hanya didominasi oleh T-Mobile. Setelah T-Mobile meluncurkan dua varian smartphone Androidnya, HTC juga turut menyusul dengan memproduksi HTC Hero. HTC Hero ini merupakan smartphone Android pertama yang diproduksi oleh HTC. Sama seperti T-Mobile MyTouch 3G, smartphone yang diluncurkan pada bulan Oktober 2009 ini juga dilengkapi dengan Android 1,5 Cupcake.

Peluncuran HTC Hero ini ternyata tidak hanya menjadi moment peluncuran smartphone Android HTC pertama saja. Moment ini juga merupakan debut user interface khas HTC yang bernama HTC Sense. Untuk jaringan mobilenya sendiri smartphone ini hadir dengan jaringan CDMA.

Ketiga smartphone di atas adalah awal mula kehadiran Android di pasaran. Meski ketiga smartphone di atas hadir dengan beberapa keterbatasan, keterbatasan tersebutlah yang menggiring smartphone Android untuk berkembang dan hadir dengan hardware dan fitur secanggih smartphone Android yang ada pada saat ini.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *