Sisi Android Yang Patut Diwaspadai

By on August 16, 2013
16.Sisi-Android-Yang-Patut-Diwaspadai-B

Teknologi yang canggih dan modern memang memungkinkan manusia membuat berbagai macam peralatan dengan kemampuan yang menakjubkan. Sistem operasi Android menjadi contoh yang sangat tepat untuk menggambarkan kemajuan teknologi yang dibuat oleh manusia. Sistem operasi Android telah banyak ditemukan pada smartphone dan peralatan digital lain.

Saat ini banyak pengguna smartphone yang lebih senang menggunakan sistem operasi Android. Banyaknya aplikasi dan juga fitur yang disediakan oleh sistem operasi ini membuat para pengguna merasa nyaman dan senang mengoperasikan Android. Walaupun begitu ternyata ada satu sisi kelemahan dari Android yang dimanfaatkan untuk hal – hal yang tidak terpuji.

Baru – baru ini, Google mengaku telah menemukan sebuah celah yang berbahaya dalam sistem Android. Melalui celah ini, para penjahat digital dapat mencuri uang digital. Aplikasi dalam Play Store menjadi jembatan penghubung yang membuat aksi pencurian uang digital dalam jumlah yang besar ini dapat terjadi.

Temuan yang mengguncang dunia digital

Penemuan yang cukup menggemparkan ini awalnya diketahui secara tidak sengaja oleh para developer Bitcoin. Bitcoin merupakan salah satu virtual yang telah banyak digunakan untuk bertransaksi dalam dunia maya. Jenis uang virtual ini dibuat untuk membantu Anda berbisnis di dunia maya. Berbisnis dalam dunia maya memang tidak bisa hanya menggunakan uang normal.

Proses pencurian uang digital ini dilakukan dengan cara memodifikasi Android. Dengan modifikasi sedemikian rupa, para pencuri ini dapat mengambil uang virtual dalam jumlah yang besar dari dompet Bitcoin yang dimiliki oleh pengguna lain. Ini dapat dilakukan melalui apps wallet Bitcoin.

Petaka ini bersumber dari sistem pengacak angka yang biasa digunakan sebagai pengaman dari sistem pembayaran elektronik yang ada pada Android. Sistem yang disebut Java Cryptography Architecture atau JCA ini ternyata memiliki celah yang dimanfaatkan oleh para pencuri digital yang cerdas dan licik tersebut.

Upaya perbaikan dan penanggulangan

16.Sisi-Android-Yang-Patut-Diwaspadai-A

Setelah mengatahui adanya tindak kejahatan yang cukup mengkhawatirkan ini, Alex Klyubin yang merupakan Security Engineer Android tengah melakukan perbaikan. Perbaikan yang sedang dilakukan adalah dengan mengubah cara interaksi JCA dengan sistem Android. Selain itu, perbaikan ini juga berusaha menutup celah pada aplikasi yang memuluskan pencurian digital ini.

Langkah tersebut memang sangat tepat dan harus dilakukan secepat mungkin. Ini karena dikabarkan celah yang digunakan untuk mencuri ini telah mengakibatkan kerugian hingga mencapai Rp. 54 juta hanya dalam waktu satu minggu. Menurut perkiraan Symantec, ada sekitar lebih dari 360.000 aplikasi dalam Android yang diketahui mempunyai celah yang serupa.

Penemuan ini membuat Anda, para pengguna telepon genggam dengan sistem operasi Android, harus waspada saat menggunakan aplikasi pada sistem ini. Jangan sampai Anda mengalami kerugian seperti kehilangan uang digital yang Anda miliki. Berhati – hatilah dalam menggunakan aplikasi yang ada dalam sistem Android.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *