Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Facebook Home

By on April 5, 2013
FH-4

Facebook baru saja mengumumkan rencananya merilis smartphone berbasis Android khusus untuk situs jejaring sosialnya. Smartphone ini dinamakan Facebook Home. Nantinya smartphone ini akan tersedia dalam beberapa model. Dengan merilis smartphone khusus ini menggambarkan betapa besarnya keinginan Facebook untuk masuk kedalam deretan smartphone Android.

Dalam acara pengumuman Facebook Home tersebut, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan bahwa Facebook Home dibuat untuk mendahulukan masyarakat ketimbang aplikasi. Tapi, Facebook Home bukanlah sistem operasi baru dan juga bukan sepenuhnya Android, Facebook Home ini adalah sebuah halaman utama baru dengan tampilan aplikasi dari Android yang menampilkan notifikasi Facebook, informasi news feed, dan pesan-pesan yang lebih terintegrasi dengan keseluruhan untuk kegunaan smartphone.

Meskipun Facebook Home tidak mengganti keseluruhan dari sistem operasi Android, tapi Facebook Home membuat beberapa perubahan pada tampilan dan ciri khas dari Android. Ketika Anda mengaktifkan mode Facebook Home maka tampilan halaman utama smartphone Anda akan berubah menjadi Cover Feed yang akan menampilkan apa yang ada di news feed Facebook Anda. Seperti apa saja yang teman Anda share misalnya foto, update status, link dan lainnya.

FH-1

Anda bisa menulusuri keseluruhan Cover Feed Anda untuk mengetahui apa yang teman Anda share dengan menggeser layar smartphon. Anda hanya perlu menekan layar dua kali jika Anda ingin me-like update yang diberikan teman Anda. Kegunaan utama Cover Feed yaitu untuk membantu Anda melihat update penting dari teman Anda yang mungkin Anda lewatkan.

Anda juga akan mendapatkan notifikasi Facebook dan aplikasi lainnya di Facebook Home. Tapi Anda juga bisa memilih untuk memindahkan notifikasi tersebut untuk Anda liat nanti atau Anda bisa menghapus notifikasi tersebut dari hadapan Anda. Di smartphone HTC First, semua notifikasi dari aplikasi akan berada di halaman utama handphone Anda melalui Faceboook Home. Sedangkan untuk smartphone Android lainnya, Anda harus men-download Facebook Home terlebih dahulu, tapi nantinya hanya akan muncul notifikasi Facebook saja, notifikasi aplikasi lain tidak muncul.

FH-3

Salah satu fitur unggulan dari Facebook Home adalah notifikasi chat yang muncul kapan saja ketika Anda menerima pesan baru dari teman Anda. Notifikasi ini juga akan tetap muncul walaupun Anda sedang menggunakan aplikasi lain, sehingga Anda bisa segera mengetahui pesan terbaru yang teman Anda kirimkan dan Anda juga bisa secepatnnya membalas pesan tersebut. Meskipun Facebook Home ingin ditujukkan untuk Facebook saja, tapi Facebook Home juga bisa dipasang aplikasi-aplikasi lainnya.

HTC First – Smartphone Khusus Facebook Home Pertama

Facebook Home akan tersedia di Google Play pada 12 April mendatang. Sementara, Facebook Home hanya bisa dipasang di smartphone-smartphone tertentu seperti HTC One, HTC One X, Samsung Galaxy Note II, S III & S 4. Smartphone Android lainnya nanti akan bisa dipasang Facebook Home. Tapi HTC First menjadi smartphone pertama yang sudah dipasang Facebook Home sejak awal. HTC First akan dirilis bersamaan dengan Faceboook Home yakni pada tanggal 12 April.

FH-5

Spesifikasi dari HTC First sendiri antara lain ukuran layar 4.3 inchi dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Prosesor dual-core, memori RAM 1 GB dan memori penyimpanan sebesar 16 GB. Untuk kamera, HTC First memiliki kamera belakang 5 megapiksel dan smartphone ini tersedia dalam 4 warna. Harga dari HTC First dibandrol sebesar $99.99 atau sekitar Rp.975.000 tapi smartphone ini sementara baru tersedia di Amerika Serikat.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *