Samsung OLED Sebagai Alternatif Teknologi Layar Masa Depan

By on April 14, 2013
oled-1

oled-1

Teknologi sistem display untuk berbagai gadget modern terus dikembangkan demi mendukung berbagai keperluan dan desain gadget terbaru. Salah satunya adalah teknologi OLED atau organic light emitting diode, ini adalah aplikasi teknologi LED atau Light Emitting Diode pada lembaran film yang berfungsi sebagai sistem display electroluminescent yang menghasilkan warna dan bentuk berdasarkan sinyal listirk yang dialirkan. Salah satu pabrikan yang mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi OLED adalah Samsung. Dengan ukuran yang lebih tipis, efisien dan mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang prima membuat OLED menjadi pilihan teknology display menggantikan LCD atau Plasma di masa mendatang.

Riset dan Pengembangan Teknologi OLED oleh Samsung

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Samsung menjadi pemimpin riset dan pengembangan teknologi OLED, Samsung telah membuat pula rupa televisi dengan teknologi OLED yang menghasilkan televisi dengan layar lengkung. Selain itu, Samsung juga mengembangkan layar OLED mini. Pengembangan ini mengarah pada produksi dan penggantian teknologi LCD dan Plasma untuk keperluan membuat layar televisi. Selain itu, teknologi layar OLED juga mengarah pada aplikasi untuk keperluan telepon genggam dan juga gadget lain yang membutuhkan layar berwarna dengan ukuran kecil.

Samsung mengembangkan teknologi AMOLED atau Active Matrix OLED pada layar TFT, teknologi AMOLED menggunakan layar TFT dengan kapasitor yang mengontrol garis piksel yang menjadi dasar dari tampilan gambar statis atau bergerak yang ditampilkan oleh layar TFT. Kapasitor ini mengontrol tampilan sekuensial dari pemunculan atau pergantian garis–garis piksel di layar TFT untuk menghasilkan gambar yang natural dan tajam.

oled-2

Aplikasi Teknologi OLED oleh Samsung

Hampir semua keluaran gadget terbaru dari Samsung telah menggunakan teknologi layar OLED atau AMOLED, termasuk di dalamnya Galaxy S3 dan Note II. Selain teknologi camera AMOLED juga diaplikasikan pada beberapa produk seperti NX200. Produk komputer tablet Samsung Galaxy Tab 7.7 inci Android menggunakan layar Super AMOLED, komputer tablet ini merupakan produk gadget mobile dengan layar OLED yang paling besar. Teknologi Super AMOLED menggunakan matrix warna RGB, sistem layar ini juga dikembangkan untuk aplikasi outdoor dengan ukuran layar besar.

Produk televisi OLED dari Samsung yang pertama adalah F9500 55 inci, meskipun belum diluncurkan namun Samsung menyatakan akan mengeluarkan produk ini ke pasar pada tahun 2013 ini. Televisi OLED dari Samsung menggunakan RGB super piksel sebagai alternatif pengganti televisi berbasis LED dengan filter warna  WRGB. Salah satu produk unggulan OLED yang tengah dikembangkan oleh Samsung adalah layar fleksibel; layar televisi lengkung diyakini dapat memberikan tampilan yang lebih nyaman dan memberikan efek nyaman bagi mereka yang menonton. Selain itu, layar transparan dengan teknologi OLED juga dikembangkan sebagai alternatif layar terbaru.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *