Review Samsung Chromebook Series 5 550

By on June 21, 2013
Review-Samsung-Chrome-Book-1

Jika berbicara mengenai Google, persepsi sebagian orang pasti akan mengarah pada layanan digital gratis baik itu yang berbentuk mesin pencari, layanan email hingga google docs. Namun Google juga memiliki sistem operasi hasil pengembangannya sendiri. Android dan Google Chrome OS. Dari kedua sistem operasi tersebut mungkin yang paling sering muncul di media adalah Android. Namun Google Chrome OS juga merupakan salah satu karya Google yang cukup fenomenal.

Berbeda dengan sistem operasi konvensional, sistem operasi yang tertanam pada Samsung Chromebook Series 5 550 didesain sebagai sistem operasi yang sangat terikat dengan internet. Semua aplikasi yang berjalan di dalamnya merupakan aplikasi berbasis cloud yang hanya dapat dijalankan jika Samsung Chromebook Series 5 550 telah terkoneksi internet. Saat ini memang belum banyak laptop yang mengadopsi sistem operasi ini. Akan tetapi jika ingin mengenal sistem operasi ini, Anda bisa mencoba Samsung Chromebook 550.

Sistem Operasi Berbasis Chrome

Jika Anda sering menggunakan Google Chrome sebagai aplikasi penjelajah di dunia maya, maka Google Chrome OS tidak akan terlalu asing bagi Anda, karena sistem operasi ini sudah pernah dipasang di HP Slatebook x2. Berdasarkan beberapa review Samsung Chromebook Series 5 550, secara mendasar sistem operasi yang tertanam pada Samsung Chromebook Series 5 550 mirip seperti browser Google Chrome. Semua aplikasi yang berjalan pada sistem operasi ini adalah aplikasi berbasis web. Jadi tanpa koneksi internet, maka Anda tidak bisa menggunakan laptop ini.

Namun jika dilihat dari sisi penghematan, Samsung Chromebook Series 5 550 memang merupakan satu solusi yang sangat tepat. Harga laptop berbasis chromebook termasuk sangat murah. Samsung Chromebook Series 5 550 sendiri dibanderol dengan harga USD 330. Model instalasi aplikasi pada Google Chrome OS sebenarnya tidak seperti instalasi aplikasi pada sistem operasi konvensional. Yang sebenarnya terjadi adalah Anda hanya menginstall launcher yang mengarah ke situs tempat aplikasi tersebut berada. Karena itulah Google Chrome OS tidak memerlukan kapasitas penyimpanan yang cukup besar untuk filesystemnya.

Spesifikasi Samsung Chromebook Series 5 550

Review-Samsung-Chrome-Book-2

Sebagai salah satu Chromebook, Samsung Chromebook Series 5 550 tidak dibekali dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Untuk prosesornya sendiri, laptop ini hanya menggunakan prosesor ARM dual core dengan kecepatan 1,7 GHz. Media penyimpanannya sendiri telah menggunakan teknologi SSD. Untuk itu, suara Chromebook ini sangat halus. Namun kapasitas penyimpanan yang diberikan hanya sebesar 16 GB saja. Jika ingin menambah kapasitas penyimpanannya, pengguna harus memasang harddisk eksternal sendiri.

Kapasitas RAM yang terpasang juga sudah cukup besar. Untuk menunjang performanya, Chromebook ini telah dibekali dengan spesifikasi RAM sebesar 2 GB. Jika Anda menggunakan sistem operasi tradisional, kapasitas RAM sebesar ini mungkin masih terasa kurang. Namun tidak demikian dengan Chromebook. Google Chrome OS sangatlah ringan. Karena itu RAM 2 GB sudah terasa sangat mencukupi. Ukuran layar yang diusung oleh Samsung Chromebook Series 5 550 sebesar 11,6 inch dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Sedangkan untuk beratnya sendiri, chromebook ini hanya seberat 1,1 kg saja.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *