Review OS Maverick

By on June 11, 2013
Review-OS-Maverick-1

Apple akhirnya mengumumkan versi berikutnya dari Mac OS X pada 10 Juni yang lalu pada keynote untuk WWDC 2013. Dinamakan OS Mavericks, Mac OS X 10.9 ini menambahkan lebih banyak fitur iOS pada kumpulan yang sudah ada dengan beberapa sentuhan menarik lainnya seperti iBooks, Apple Maps, Finder Tabs, dan sejumlah perangkat tambahan untuk lebih menghemat waktu Anda.

Finder Tabs dan Aplikasi Layar Penuh

Cara kerja Finder Tabs bisa dikatakan hampir sama dengan cara kerja aplikasi serupa pada Safari. Sebuah tombol dengan tanda plus di sebelah kanan memungkinkan Anda membuka tab baru, dan Anda dapat menggunakan trik drag and drop seperti pada browser Web. Anda bisa memiliki satu tab untuk AirDrop dan satu lagi untuk dokumen kemudian tinggal drag-and-drop antara masing-masing. Finder Windows juga dapat diubah ke model layar penuh.

Aplikasi layar penuh pertama kali digunakan pada Lion, namun pengguna dengan cepat menyadari jika fitur tersebut tidak sempurna, terutama ketika Anda menggunakan beberapa monitor. Untungnya pada OS Mavericks, fitur ini sudah bekerja seperti yang seharusnya. Anda sekarang dapat menempatkan aplikasi layar penuh pada beberapa monitor dan beralih antara satu dan lainnya dengan lebih mudah. Ini adalah perbaikan yang sangat dibutuhkan selama dua tahun ini, jadi pengguna Apple sekarang sudah sedikit merasa lega karena masalah tersebut telah teratasi, namun mengapa Apple harus menunggu begitu lama untuk melakukan hal tersebut?

iBooks serta Ketersediaan OS Maverick

Review-OS-Maverick-2

Sebagai salah satu fitur yang dibawa dari perangkat iOS, iBooks cukup dekat dengan rekan mobile-nya. Sekarang Anda akan dapat membaca dan berbelanja buku-buku dengan Mac Anda dan mensinkronisasikannya dengan iCloud sehingga Anda dapat beralih perangkat tanpa harus kehilangan tempat Anda. Anda juga dapat menggesek layar sentuh Anda untuk membalik halaman (pada trackpad) sehingga peralihan dari halaman satu ke halaman berikutnya jadi lebih lancar. Anda dapat membuka banyak buku sekaligus, dan Anda dapat menandai bagian-bagian tertentu dan membuat catatan, dan semuanya itu dapat disinkronisasikan pada perangkat iOS Anda. Aplikasi ini sepertinya akan bekerja seperti halnya pada iOS, tentu saja hal ini cukup menggembirakan karena akhirnya aplikasi ini tersedia bagi pengguna Mac.

Pihak Apple mengatakan bahwa OS Mavericks akan tersedia musim gugur ini yang memang sedikit lebih lambat dari jadwal rilis tahun-tahun sebelumnya, Apple sendiri memiliki jadwal regular untuk merilis OS X, dengan pengumuman OS Apple baru yang umumnya dilakukan bulan Februari, dan kemudian tanggal rilis diumumkanpada keynote WWDC.

Tahun ini, tidak ada pengumuman pada awal tahun, namun laporan dari Daring Fireball mengatakan Apple menarik beberapa pengembang dari tim OS X untuk bekerja mengubah iOS 7.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *