Review Oppo Find Piano R8113

By on May 23, 2013
Review-Oppo-Find-Piano-R8113-2

Oppo smartphone, mungkin banyak dari masyarakat Indonesia yang masih belum cukup familiar dengan merk yang satu ini. Tapi jangan salah. Meski merk dagang yang satu ini masih terbilang baru di Indonesia, Oppo sudah lama terkenal di luar negeri. Beberapa waktu yang lalu Oppo juga sudah meluncurkan smartphone canggih yang dikhususkan untuk kelas menengah ke atas, setelah sebelumnya merek meluncurkan Oppo Find 5.

Dari segi harga, smartphone tersebut memang termasuk mahal. Namun jangan kahwatir. Bagi mereka yang tertarik dengan smartphone besutan Oppo, kini Oppo telah memproduksi seri yang relatif lebih mudah. Smartphone ini diberi nama Oppo Find Piano R8113. Akan tetapi seperti apa spesifikasi dan performanya? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Desain dan Tampilan

Dimensi smartphone ini adalah 123 x 63 x 9,9 mm dengan berat 128,5 gram. Desain yang diusung oleh Oppo Find Piano R8113 ini sama seperti smartphone Android lainnya yaitu dengan bentuk candy bar. Layar smartphone ini termasuk cukup luas dengan tiga tombol sentuh yaitu Menu, Home dan Back yang terletak pada bagian bawah layar.

Tampilan pada bagian body smartphone ini menggunakan material plastik. Jika dilihat dari materialnya, smartphone ini memang tampak cukup rapuh. Akan tetapi pada bagian belakang casing sudah diberi lapisan matte sehingga smartphone ini tidak terasa licin saat digenggam. Meski tidak bisa melindungi smartphone dari benturan, paling tidak hal ini bisa menghindari terjatuhnya smartphone dari genggaman.

Sedangkan tampilan pada bagian atas, smartphone ini telah dilengkapi dengan audio jack 3.5 inch. Tombol power/unlock terdapat pada bagian kiri sedangkan pada bagian bawah terdapat port microUSB. Untuk mengatur kamera, pengguna bisa mengaturnya melalui tombol volume yang terletak pada sisi kanan smartphone. Satu hal lagi, smartphone ini termasuk smartphone dual SIM. Namun untuk memasang kartu SIM pengguna diharuskan membuka casing dan baterai ponsel terlebih dahulu. Hal ini tentu terasa sedikit merepotkan.

Spesifikasi Oppo Find Piano R8113

Review-Oppo-Find-Piano-R8113-1

Untuk memberikan performa yang cukup tangguh, Oppo Find Piano R8113 telah dibekali prosesor Dual core 1 GHz dengan RAM sebesar 512 MB. Untuk performa grafisnya sendiri smartphone ini telah menggunakan teknologi grafis sekelas Power VR SGX 531. Akan tetapi karena RAM yang dimiliki hanya sebesar 512 MB, performa smartphone ini masih terasa lambat terutama saat digunakan untuk memainkan game kualitas HD.

Memori internal yang ditawarkan oleh smartphone ini sebesar 4 GB. Akan tetapi pengguna masih bisa memberikan memori eksternal melalui slot microSD yang telah tersedia pada smartphone ini. Kapasitas maksimal yang didukung oleh slot microSD ini mencapai 32 GB. Jadi pengguna dapat menyimpan banyak data dalam smartphone ini. Untuk urusan kamera, Oppo Find Piano R8113 menawarkan dua kamera dengan resolusi sebesar 5 MP dan VGA. Dengan demikian pengguna dapat memperoleh kualitas jepretan gambar yang cukup baik.

About

3 Comments

  1. Hilman

    May 31, 2013 at 6:12 am

    Apa apa menu dari oppo

    • Wirasana Caktiawan

      May 31, 2013 at 9:44 am

      Halo Hilman,
      Apakah menu yang Anda maksud adalah sistem operasi yang digunakan oleh Oppo, maka jawabannya adalah Oppo menggunakan sistem operasi Android. Untuk masalah spesifikasi smartphone Oppo, Anda bisa membacanya di artikel di atas.

      Terima kasih :)

  2. ateng

    May 31, 2013 at 12:59 pm

    Tahan brp lama…? jika ponsel ini digunakan utk online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *