Review Kamera Fujifilm X100S

By on July 8, 2013
Review-Kamera-Fujifilm-X100S-1

Dunia fotografi memang sangat menarik. Bahkan daya tarik fotografi tidak hanya mampu memikat mereka yang memang menyukai bidang ini. Mereka yang awam di bidang fotografi juga dapat menilai dan menikmati seni jepretan yang diambil oleh para fotografer professional. Untuk memperoleh hasil jepretan yang baik, kemampuan fotografer memang sangat berpengaruh. Namun kemampuan saja tidak cukup.

Kemampuan perangkat dalam mengambil gambar juga sangat mempengaruhi kualitas foto yang diambil. Untuk itulah dibutuhkan kamera professional untuk menghasilkan hasil jepretan yang professional juga. Namun muncul satu pertanyaan. Lantas kamera seperti apa yang bisa dijadikan pilihan? Jika Anda bertanya-tanya mengenai hal ini, Fujifilm X100S bisa menjadi jawaban yang cukup tepat. Namun seperti apakah kemampuan kamera ini? Untuk mengetahuinya, berikut ini review singkat mengenai kamera tersebut.

Spesifikasi Fujifilm X100S

Sebelum berbicara mengenai bagian dalam kamera, tentunya akan lebih baik jika memulai pembahasannya dari sisi desain terbebih dahulu. Jika berbicara mengenai desain, kamera ini memiliki desain retro. Ini membuat kamera ini tampak seperti kamera tahun 1960an. Namun jangan terkecoh dengan penampilannya. Di balik desainnya yang tampak kuno terdapat mesin yang sangat tangguh. Kamera ini mengusung model hybrid viewfinder yang memungkinkan pengguna untuk mengubah viewfinder dari optical view ke EVF ataupun sebaliknya. Dengan desain ini, pengguna dapat memperoleh kebebasan lebih dan pengalaman fotografi yang lebih beragam.

Resolusi kamera yang diusung oleh Fujifilm X100S adalah 16 MP dengan dukungan setting ISO tinggi. Menariknya lagi meskipun kamera ini termasuk kamera professional pengguna masih dapat memperoleh fitur autofocus. Desainnya yang kecil juga sangat memudahkan pengguna dalam membawa kamera ini.

Performa Fujifilm X100S

Review-Kamera-Fujifilm-X100S-2

Berdasarkan review kamera terbaru, saat digunakan untuk mengambil gambar Fujifilm X100S mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Hasil jepretan yang dihasilkan juga sangat baik dan jernih. Untuk memperoleh hasil jepretan yang lebih beragam dan memiliki nilai seni tinggi pengguna juga dapat melakukan pengaturan secara manual. Beberapa pengaturan manual yang bisa dipilih diantaranya adalah ISO, speed shutter dan aperture. Bahkan menariknya lagi pengguna juga dapat mengetahui jika kamera tersebut dalam kondisi overexpose pada setting yang sedang digunakan. Semua itu berkat adanya EV indicator bar yang terletak pada pagian samping kiri kamera.

Kamera ini juga memiliki beberapa kontrol tambahan yang terletak pada bagian samping kamera. Salah satunya adalah jog switch. Switch ini berguna untuk mengatur aperture ataupun kecepatan shutter saat pengguna sedang mengambil foto dalam program mode. Akan tetapi hal ini hanya bisa terjadi jika pengguna melakukan setting ISO pada nilai tertentu saja. Selain itu kamera ini juga telah menyertakan tombol AEL/AFL yang berguna untuk memilih autofocus point. Selain itu tombol ini juga dapat digunakan untuk menyalakan macro shooting ataupun untuk mengatur flash output. Selain itu pengguna juga dapat menemui tombol untuk mengatur white balance pada kamera.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *