Razia Ponsel Blackberry Z10 dan Q10 Ilegal

By on May 27, 2013
Razia-Ponsel-Blackberry-Z10-dan-Q10-Ilegal-2

Meski berita seputar Blackberry Z10 dan Q10 sudah lama beredar, namun hingga kini smartphone terbaru Blackberry ini masih belum beredar di Indonesia. Produk ini masih tertahan di kementrian perdagangan dalam rangka mengelesaikan prosedur-prosedur perizinan yang dibutuhkan. Meski demikian, smartphone Z10 dan Q10 sudah ada yang beredar di pasaran.

Hal ini tentunya hanya mungkin terjadi jika produk tersebut beredar melalui jalur black market. Karena itulah dalam waktu dekat ini menteri perdagangan akan menyelenggarakan razia smartphone Blackberry Z10 dan Q10 ilegal. Mengingat kerugian Negara yang besar dan dalam upaya perlindungan terhadap para importir resmi, maka hal ini penting untuk segera dilakukan.

Razia akan Terpusat di Wilayah Jakarta Terlebih Dahulu

Menurut pernyataan yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kemendag, pihaknya sudah memperoleh ketetapan dari pengadilan. Untuk itu pihaknya berhak melakukan upaya penggeledahan dan penyitaan khusus untuk wilayah Jakarta. Nuz Nuzulia Ishak juga menyatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan proses hukum terkait dengan beredarnya ponsel-ponsel yang masih belum memiliki izin edar. Di Indonesia ini kabarnya ada enam ponsel yang masih belum memiliki izin edar, dan dua diantaranya adalah Blackberry Z10 dan Blackberry Q10.

Beredarnya Blackberry Z10 dan Blackberry Q10 diperkirakan berasal dari Malaysia dan masuk melalui Batam. Seperti yang diketahui Batam memang menjadi salah satu jalur masuknya barang ilegal. Pada hari Rabu tanggal 8 Mei 2013 Menteri Perdagangan Gita Wirjawan juga telah melakukan inspeksi mendadak di pusat perbelanjaan ITC Roxy Mas, Jakarta terkait dengan beredarnya ponsel ilegal.

Pada inspeksi tersebut Mendag menemukan beberapa pelanggaran seperti ditemukannya kartu garansi palsu pada Blackberry Z10, iPad dan iPhone. Hal ini tentu sudah menyalahi hukum dan merugikan konsumen. Seusai melakukan sidak, Gita menyatakan bahwa barang-barang tersebut tidak hanya ilegal tapi juga diselundupkan. Bagi Negara, tindakan semacam ini tentu memberikan kerugian yang sangat besar. Bahkan kerugiannya bisa mencapai triliunan rupiah. Belum lagi kerugian yang diderita oleh konsumen terkait dengan tidak adanya perlindungan konsumen yang membeli barang ilegal.

Kepemilikan Barang Ilegal akan Disita

Razia-Ponsel-Blackberry-Z10-dan-Q10-Ilegal-1

Untuk menanggulangi masalah penyelundupan barang-barang ilegal ini pemerintah akan segera melakukan razia terutama terkait dengan enam ponsel yang masih belum memiliki izin edar di Indonesia. Jika ditemukan barang ilegal, maka barang tersebut akan segera disita oleh pihak pemerintah. Untuk mengatasi masalah ini pemerintah juga akan berkoordinasi dengan instansi pemerintah lainnya.

Hal ini dilakukan untuk melacak alur distribusi produk-produk ilegal tersebut. Meski demikian, tidak ada pemberitahuan mengenai waktu pasti kapan razia kepemilikan ponsel ilegal akan dilakukan. Namun mengingat pihak pemerintah sudah memiliki izin untuk melakukan razia, maka bisa dipastikan bahwa razia tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *