Praktis Terima Telepon Lewat PC/Laptop dengan Windows Phone

By on April 23, 2013
windows-phone-1

windows-phone-1

Apakah Anda salah satu yang memiliki ponsel berteknologi Windows Phone? Saat Anda membeli ponsel Windows Phone, seperti contoh Nokia Lumia 900, Anda mungkin menganggap bahwa fitur Bluetooth pada ponsel ini tidak seberapa. Ya, ponsel Windows Phone berkoneksikan seri Bluetooth yang masih A2DP. Fitur Bluetooth pada Windows Phone memang tidak memungkinkan transfer file (FTP) karena keterbatasannya. Namun demikian, Anda masih dapat memanfaatkan fasilitas Bluetooth ini untuk kepentingan lainnya.

Memanfaatkan Fitur Bluetooth pada Windows Phone

Fitur bluetooh pada ponsel Windows Phone dapat digunakan untuk tiga hal yakni Phonebook AccessRemote Controlable Device dan Handsfree Telephony Gateway. Namun demikian, sedikit dari para pengguna ponsel berteknologi Windows Phone ini mengetahui bahwa ponsel mereka dapat menerima telepon dari PC (Personal Computer) dan laptop.

Bagi Anda yang sibuk di kantor atau urusan lainnya, menerima telepon lewat ponsel terkadang sering mengganggu. Selain telinga menjadi panas karena tertempel dengan ponsel langsung, baterei ponsel pun harus segera diisi kembali karena kehabisan energy, terutama bagi smartphones yang biasanya boros baterei. Selain itu, menerima telepon lewat ponsel akan mengganggu Anda dalam bekerja hal lain, seperti mengetik di laptop misalnya. Walaupun terdapat handsfree sebagai fasilitas Anda dalam menerima telepon lewat ponsel, namun agaknya kurang praktis jika Anda harus mengetik sambil memangku atau mengantongi handphone Anda.

Untuk itu, fasilitas Bluetooth pada Windows Phone Anda dapat Anda manfaatkan untuk menerima telepon lewat PC sehingga sembari Anda mengetik Anda tetap dapat nyaman bercakap-cakap lewat ponsel Anda.

Adapun peralatan yang harus Anda sediakan adalah ponsel Windows Phone Anda, headset, dan tentu saja PC atau laptop yang mendukung fasilitas Bluetooth di dalamnya.

Cara Menerima Telepon Lewat PC dengan Menggunakan Bluetooth

windows-phone-2

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan :

  1. Aktifkan Bluetooth baik di ponsel maupun PC Anda.
  2. Add Device dan biarkan PC Anda mendeteksi Bluetooth ponsel.
  3. Setelah Bluetooth ponsel Anda terdeteksi, maka tinggal koneksikan keduanya. Biasanya Anda akan diminta untuk mengetikkan passcode di ponsel sesuai dengan yang tertera di PC.
  4. Ketikkan nomor kode tersebut.
  5. Pada layar PC Anda akan keluar jendela Bluetooh Windows Phone.
  6. Jika layar Anda sdah connected maka berarti Anda dapat menerima telepon saat itu juga.
  7. Anda juga dapat menelepon kontak dengan cara mengklik dial phone atau menghubungi nomor telepon pada daftar kontak ponsel dengan melakukan sinkronisasi (klik sync) terlebih dahulu.

Nah, kini Anda sudah siap bertelepon ria dengan kerabat Anda lewat PC. Terasa lebih nyaman bukan? Anda pun dapat bertelepon sembari mengetik atau sekedar browsing di laptop Anda. Selamat mencoba!

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *