Poseidon Formula One: Mesin Game Terekstrim yang Pernah Ada

By on June 7, 2013
Poseidon-Formula-One-Mesin-Game-Terekstrim-yang-Pernah-Ada-1

Event Computex 2013 yang diadakan di Taipei, Taiwan adalah salah satu ajang pengenalan berbagai produk teknologi kelas dunia. Salah satu vendor yang turut hadir memeriahkan acara ini adalah Asus. Asus mengumumkan bahwa pihaknya telah merilis sebuah PC game terbarunya bernama Poseidon Formula One. Ini adalah kabar bagus buat para gamers di seluruh dunia, setelah sebelumnya ada notebook khusus gaming kini giliran PC khusus gaming. PC game bertagline ‘The Ultimate Gaming Machine’ ini dikabarkan adalah PC game terbaik di kelasnya. Poseidon Formula One didesain dengan pendingin liquid pada casingnya. Hal ini bertujuan agar kartu grafis dan prosesor yang ada tetap dingin. Dari sisi desain, tampilan yang disuguhkan oleh Poseidon Formula One pantas diacungi jempol. Sepasang pipa merah yang ada di kedua sisi casing semakin menunjukan ‘kegarangan’ dari PC game ini.

Komponen Poseidon Formula One

Sistem pendingin yang dipilih oleh Asus adalah Asus CoolTech yang sudah didesain sedemikian rupa agar mampu menjaga temperatur hardware pada mesin tetap dingin. Selain itu,  Asus CoolTech juga mampu mecegah adanya heatsink yang datang dari berbagai arah. Di sisi bagian belakang, terdapat sepasang kipas besar. Kipas ini berguna untuk mendinginkan liquid yang nantinya akan bekerja untuk mendinginkan kartu grafis dan prosesor melalui selang. Fakta yang menarik dari sistem pendinginan yang ada pada mesin game ini adalah mampu mengurangi suhu hingga sebesar 31 derajat celcius sehingga mesin tetap berada di kondisi yang dingin. Dilihat dari fakta ini, sudah jelas bahwa Poseidon Formula One didesain khusus agar bisa melakukan overclocking sehingga bisa mencapai performa seperti apa yang diharapkan.

Untuk urusan kartu grafis Poseidon Formula One dipercayakan kepada Nvidia GeForce GTX 700 beserta sistem pendingin hybrid. Sedangkan motherboard yang bisa digunakan pada mesin game ini adalah Rampage IV Formula, Maximus V Formula, dan Maximus VI Formula. Semua motherboard sudah dirancang agar bisa beroperasi maksimal pada Poseidon Formula One.

Mengenal Maximus VI Formula

Poseidon-Formula-One-Mesin-Game-Terekstrim-yang-Pernah-Ada-2

Maximus VI Formula didesain menggunakan soket LGA 1150 sehingga bisa digunakan pada sistem prosesor Intel Haswell. Chipset yang digunakan adalah cipset Z87 dilengkapi dengan karu grafis 3-way sehingga cocok untuk melakukan liquid-cooled rig. Di bagian depannya, terlihat jika motherboard ini dilengkapi juga dengan pelindung depan dengan kombinasi backplate. Hal ini dilakukan agar agar papan board mampu menopang GPU seberat 2 pon.

Selain itu, pelindung ini juga didesain untuk melindungi motherboard yang digunakan agar tidak tertekuk karena harus menopang bobot yang berat dalam waktu yang lama. VRM CPU dipilih sebagai sumber pengalir power. Ada juga ATX 4-pin dan Molex yang bisa digunakan agar overclock tetap stabil. CroosChill Cooling technology dipilih sebagai sistem pendingin agar VRM bisa stabil di kondisi dingin serta membantu meningkatkan liquid cooling.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *