Ponsel Hasil Perkawinan antara Ubuntu dan Android

By on July 24, 2013
54.Ponsel-Hasil-Perkawinan-antara-Ubuntu-dan-Android_1

Jika berbicara mengenai sistem operasi Linux, nama Ubuntu tentu sudah tidak asing lagi. Meski beberapa waktu yang lalu banyak perbincangan yang mengatakan peluncuran Ubuntu sebagai salah satu platform smartphone, berita ini kini kembali mencuat dengan kemunculan proyek smartphone yang bernama Ubuntu Edge. Namun uniknya smartphone ini akan mengawinkan dua kemampuan sistem operasi open source paling populer yakni Ubuntu dan Android.

Nama besar Ubuntu dan Android tentu memiliki daya tarik tersendiri. Kedua sistem operasi open source ini juga termasuk sistem operasi open source paling populer. Jika kedua platform ini digabungkan, tentu hasilnya akan sangat menarik. Untuk mewujudkan proyek ini bahkan Canonical yang merupakan perusahaan yang menggawangi Ubuntu telah menargetkan pendanaan hingga mencapai USD 32 juta.

Canonical Mengumpulkan Donasi untuk Pengembangan Ubuntu Edge

Layaknya aplikasi open source lainnya, pengembangan Ubuntu Edge juga mengandalkan pendanaan dari donasi. Proses donasi ini dilakukan melalui website Indiegogo. Karena itulah besar kemungkinan hasil dari pengembangan ini akan disebarkan dengan lisensi GPL dan terbuka untuk umum. Namun apa sebenarnya yang menarik dari Ubuntu Edge ini?

Berbeda dengan platform smartphone pada umumnya, Ubuntu Edge tidak hanya akan memberikan beberapa fungsi standar saja. Seperti yang diketahui, pengguna smartphone tidak akan memperoleh fitur dan fungsi sistem operasi sama seperti yang diperoleh pada perangkat komputer. Karena itulah meski smartphone sudah canggih, kemampuan smartphone masih belum dapat menggantikan komputer. Namun pada Ubuntu Edge pengguna akan memperoleh lebih dari fungsi standar yang dimiliki oleh platform smartphone pada umumnya.

Dua Kemampuan Komputasi dalam Satu Device

54.Ponsel-Hasil-Perkawinan-antara-Ubuntu-dan-Android_2

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai di mana letak perpaduan antara Ubuntu dan Android yang ingin ditawarkan oleh Ubuntu Edge. Perpaduan ini nantinya akan Anda dapatkan pada saat Anda membutuhkan komputasi yang lebih canggih dengan fitur dan fungsi sistem operasi yang lebih lengkap. Pada Ubuntu Edge pengguna tidak hanya akan memperoleh kemampuan platform smartphone saja. Di sini mereka juga dapat memperoleh kemampuan platform PC yang tentunya jauh lebih bertenaga.

Pada saat Anda membutuhkan perangkat smartphone yang dapat dibawa kemana-mana, Andadapat menggunakan Ubuntu Edge layaknya smartphone. Namun pada saat Andamembutuhkan kemampuan komputasi yang lebih handal, Anda dapat menghubungkannya dengan layar dan memperoleh pengalaman PC secara penuh. Karena itulah perangkat ini telah dilengkapi dengan port HDMI. Inilah pengalaman yang tidak akan diperoleh pada perangkat smartphone lain.

Menurut informasi yang berasal dari Shuttleworth, Ubuntu Edge hanya akan dibuat terbatas untuk para suporternya. Menilik pada sisi spesifikasi, Ubuntu Edge tampaknya akan memiliki spesifikasi yang gahar. Dengan layar 4,5 inci beresolusi 1280 x 720 pixel, multi core CPU, RAM 4 GB dan kapasitas memori sebesar 128 GB, tampaknya Ubuntu Edge akan menjadi salah satu smartphone paling tangguh. Bahkan bodynya sendiri akan terbuat dari material pure shappire crystal yang kabarnya hanya dapat digores dengan berlian.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *