Petunjuk Pemakaian pada Windows 8.1

By on August 18, 2013
24.Petunjuk Pemakaian pada Windows 8.1

Pengguna komputer terutama pengguna komputer di Indonesia pasti sudah sangat akrab dengan sistem operasi Windows yang merupakan sistem operasi favorit pengguna komputer di Indonesia. Nah, tahun demi tahun berlalu dan Windows sudah menawarkan beberapa perubahan yang diwakili oleh versi Windows dengan beragam perbaikan dan tambahan yang dianggap akan membawa pengalaman berbeda bagi pengguna Windows.

Setelah sukses dengan Windows 7 yang menutupi kegagalan Windows Vista, kini pengguna Windows dimanjakan dengan kemunculan Windows 8. Windows 8 membawa perubahan yang cukup drastis dibandingan dengan versi sebelumnya. Perubahan tersebut terlihat dari segi tampilan serta cara pakai. Tidak heran jika ada banyak pengguna yang merasa bingung dalam pemakaian Windows 8 ini.

Update dan Perbaikan

Kebingungan mengenai cara pemakaian banyak terjadi di kalangan pengguna Windows sehingga perusahaan Microsoft mempertimbangkan untuk menambahkan petunjuk pemakaian pada update Windows 8.1. Pengguna Windows masih harus bersabar untuk mendapatkan update Windows 8.1 serta petunjuk pemakaian sehingga mereka bisa menggunakan komputer mereka dengan lebih maksimal karena update tersebut baru akan dirilis pada bulan Oktober 2013.

Ars Technoca dari Extreme Tech melaporkan bahwa beberapa perubahan yang bersinggungan dengan petunjuk penggunaan versi build sistem operasi Windows 8.1 (9741). Perubahan tersebut diharapkan akan membawa kemudahan dan optimasi penggunaan komputer dengan sistem operasi Windows 8.1.

Perubahan

Petunjuk Pemakaian pada Windows 8.1

Ada beberapa perubahan yang terdeteksi dalam update terbaru Windows 8.1. Windows 8.1 yang dilengkapi dengan aplikasi baru dengan gaya “Metro” akan ditambah dengan tombol tiga titik. Tombol tiga titik ini berfungsi seperti Windows Phone yang akan menunjukkan context menu aplikasi yang dimaksud.

Hal ini berbeda dari versi Windows 8. Context menu dalam Windows 8 hanya bisa digunakan dengan dua cara, yaitu mengklik kanan dan melakukan swiping menggunakan jari tangan ke arah atas layar. Tombol visual semacam ini mungkin juga akan disertakan dalam aplikasi pihak ketiga.

Kemudahan juga ditawarkan untuk mengakses “Charms Bar”. Ada aplikasi built in dari Microsoft yang memberikan peringatan terhadap pengguna untuk menlakukan swipping dari arah kanan layar jika mereka ingin memunculkan Charms Bar serta tombol Start pada layar.

Nah, bagi pengguna yang masih asing dengan tampilan dan cara pakai Windows 8, versi update Windows 8.1 akan mempunyai aplikasi “Help+Tips”. Aplikasi ini dilengkapi dengan video tutorial yang berguna untuk membantu pengguna melakukan eksplorasi ke keseluruhan fitur baru yang ada dalam Windows 8.1.

Sebenarnya versi Windows 8 sudah dilengkapi dengan petunjuk pemakain, tetapi petunjuk pemakain tersebut hanya berupa animasi sederhana yang bisa dilihat pada proses instalasi program. Sayangnya, petunjuk pemakaian sederhana ini tidak bisa diulang jika pengguna masih belum memahami benar mengenai cara pemakaian Windows 8. Anda perlu menunggu hingga Oktober untuk memastikan bahwa petunjuk pemakaian berupa video tutorial tersebut akan benar-benar membantu Anda memahami penggunaan versi Windows terbaru ini sesuai dengan kesan yang dimunculkannya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *