Perlunya Menghindari Pencurian Pulsa

By on April 8, 2013
pulsa

pulsa

Bila Anda adalah masyarakat modern, Anda tentu menganggap bahwa ponsel merupakan salah satu kebutuhan yang mendasar dalam beraktivitas. Dalam hal ini yang ingin dibahas adalah mengenai masalah pencurian pulsa yang sedang marak di kalangan masyarakat. Apa itu pencurian pulsa? Seperti namanya, pencurian pulsa adalah suatu tindak kejahatan oleh pihak tertentu yang menjebak para pemilik ponsel untuk menghabiskan pulsa mereka dengan memancing dengan sms tertentu. Lama kelamaan pencurian pulsa amat mengganggu aktivitas masyarakat tentunya. Lalu cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah pencurian pulsa? Guna menghindari pencurian pulsa yang mana tentu merugikan banyak orang, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan tentunya.

Cara yang pertama adalah dengan mengetahui bahwa langganan NSP atau konten apapun dari ponsel Anda tentu akan terus menggerogoti pulsa yang Anda miliki. Parahnya adalah bila Anda tidak tahu cara untuk berhenti langganan konten-konten tersebut. Bila memang Anda perlu untuk berlangganan konten tertentu, Anda harus mengetahui shortcode apa yang harus Anda gunakan guna berhenti berlangganan sehingga bila Anda sedang tidak perlu berlangganan, Anda dapat berhenti dan menghindari tersedotnya pulsa Anda secara terus menerus. Bila tidak tahu shortcode berhenti berlangganan tersebut, Anda dapat menghubungi customer service layanan yang Anda ikuti. Dengan menghubungi customer service tersebut, Anda tentu dapat menanyakan cara untuk berhenti langganan.

4.-Perlunya-Menghindari-Pencurian-Pulsa

Cara yang kedua untuk menghindari pencurian pulsa melalui layanan-layanan yang ada di luar sana adalah dengan meminta bantuan dari pemerintah guna melacak dan melakukan pencegahan terhadap pencurian pulsa yang mungkin terjadi. Biasanya orang akan meminta bantuan BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) guna menyelesaikan masalah tersebut. Tips ketiga untuk menghindari masalah tersebut adalah untuk selalu memastikan ponsel Anda pada posisi terkunci bila sedang ada di saku. Tujuannya adalah untuk menghindari terpencetnya tombol-tombol secara tidak sengaja yang dapat menyebabkan Anda untuk mengeklik link langganan konten secara tidak sengaja yang menyebabkan pulsa Anda terkuras habis tanpa sepengetahuan Anda terlebih lagi untuk berlangganan SMS premium.

Yang berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah untuk tidak menggubris sms-sms yang tidak wajar yang masuk ke ponsel Anda. Biasanya sms tersebut akan menyertakan 4 digit nomor dimana Anda bisa berlangganan konten tertentu. Hal ini perlu dihindari tentunya. Bila memang Anda posisinya sudah terjebak dalam langganan konten atau kasus pencurian pulsa lainnya dan tidak mampu melakukan unreg, maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengganti kartu atau nomor ponsel Anda. Memang sangat ekstrem namun terbukti efisien bila memang layanan tersebut tidak dapat dihentikan dengan cara unreg. Di zaman sekarang ini pencurian pulsa memang marak di kalangan masyarakat. Yang menjadi masalah adalah mereka sering tidak sadar bagaimana menyikapi resiko pencurian pulsa tersebut. Semoga cara-cara di atas dapat membantu.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *