Perbandingan antara Nexus 7, Nexus 7 2 dan iPad Mini

By on July 26, 2013
Perbandingan antara Nexus 7 Nexus 7 2 dan iPad Mini-2

Berbicara mengenai tablet, nama-nama seperti Nexus 7, Nexus 7 2 dan iPad Mini tentu tidak akan pernah bisa dilepaskan. Hal ini memang sangat wajar terlebih mengingat bahwa ketiga tablet tersebut memang dikenal sebagai beberapa ikon tablet. Selain hadir dengan spesifikasi yang tinggi, ketiga tablet tersebut juga hadir dengan kualitas dan harga yang cukup masuk akal. Karena itulah para pecinta gadget pasti sudah sangat familiar dengan ketiga tablet tersebut.

Namun saat berada diantara tiga pilihan, tentu ada pertanyaan besar terkait dengan tablet mana yang paling tepat untuk dijdikan pilihan. Untuk mengetahuinya, tentu Anda perlu mengetahui kebutuhan  Anda terlebih dahulu dan mengenal kemampuan yang dimiliki oleh ketiga tablet tersebut. Untuk itu berikut ini ada ulasan singkat yang diharapkan mampu memberikan jawaban bagi mereka yang sedang mencari tablet berkualitas.

Perbandingan pada Sisi Layar

Pada sisi layar sebenarnya ketiga tablet di atas mengusung ukuran yang serupa yakni sebesar 7 inch. Namun secara kebih detail Nexus 7 dan Nexus 7 2 mengusung layar berukuran 7 inch sedangkan iPad Mini mengusung layar berukuran 7,85 inch. Jika dilihat pada sisi resolusi layar, tablet Nexus 7 2 memiliki resolusi terbaik. Pada Nexus 7 2 layar yang digunakan telah memiliki resolusi 1920 x 1200 pixel dengan kerapatan 323 ppi.

Jika Nexus 7 2 hadir dengan resolusi tinggi, layar Nexus 7 menggunakan layar beresolusi lebih rendah yakni 1280 x 800 pixel dengan kerapatan 216 ppi. Yang terakhir yakni iPad Mini justru hadir dengan resolusi layar terendah yakni dengan resolusi 1024 x 768 pixel dengan kerapatan 163 ppi. Jika dilihat dari sisi resolusi layar yang dimiliki, Nexus 7 2 memang yang paling unggul.

Perbandingan Spesifikasi Hardware

Perbandingan antara Nexus 7 Nexus 7 2 dan iPad Mini-1

Saat melihat spesifikasi hardwarenya, dari ketiga tablet tersebut tampak bahwa Nexus 7 2 lah yang memiliki spesifikasi paling tinggi. Pada sisi prosesor saja tablet ini telah dibekali dengan prosesor quad core 1,5 GHz. Prosesor ini jauh lebih tinggi dari Nexus 7 yang menggunakan prosesor quad core 1,3 GHz dan iPad Mini yang menggunakan prosesor dual core 1 GHz.

Pada sisi RAM, Nexus 7 2 juga tampak lebih unggul dengan RAM berkapasitas 2 GB. Angka ini jauh di atas RAM Nexus 7 yang sebesar 1 GB dan iPad Mini yang hanya sebesar 512 MB. Meski iPad Mini terkesan memiliki spesifikasi yang paling rendah, namun pada sisi media penyimpanan iPad Mini tampak lebih unggul. Bahkan iPad Mini menawarkan tiga varian dalam tiga pilihan memori internal yakni 16 GB, 32 GB dan 64 GB.

Jika iPad Mini memberikan tiga pilihan kapasitas memori internal, Nexus 7 2 hanya menawarkan dua pilihan memori internal yakni 16 GB dan 32 GB. Sedangkan pada Nexus 7, tablet ini hanya dibekali dengan memori internal sebesar 8 GB saja.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *