Perbandingan antara Nexus 7 dan Nexus 4

By on July 24, 2013
55.Review-Google-Nexus-7_2

Meski sektor bisnis utama Google adalah mesin pencari dan layanan berbasis web, dalam prakteknya Google tetap berusaha mengembangkan sayapnya hingga ke sektor-sektor lain. Salah satunya adalah dengan turut meramaikan pasar smartphone dan tablet. Meski demikian, hal ini tampaknya hanya merupakan strategi Google untuk semakin meningkatkan bisnis utamanya yakni bisnis mesin pencari.

Berbicara mengenai perangkat smartphone dan tablet andalan Google, tentunya nama Google Nexus tidak akan pernah terlepaskan. Melalui Google Nexus 4 dan Google Nexus 7, Google telah berhasil memikat banyak orang. Melalui kedua perangkat tersebut Google berusaha menawarkan perangkat yang bertenaga namun memiliki harga yang cukup terjangkau. Karena itulah nama Google Nexus mudah sekali akrab di telinga para pecinta gadget.

Google Nexus 7

Google Nexus 7 merupakan perangkat tablet yang memang difokuskan untuk kalangan menengah ke bawah. Karena itulah tablet ini dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah. Namun jangan salah, meski dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, tablet ini telah dilengkapi dengan spesifikasi hardware yang cukup tinggi. Bahkan pada sisi prosesor tablet ini telah menggunakan prosesor nVidia Tegra quad core.

Untuk menunjang performanya, Google Nexus juga dilengkapi dengan RAM berkapasitas 1 GB. Dengan layar IPS 7 inch beresolusi 1280 x 800 pixel dan dengan kerapatan 216 ppi, tablet ini mampu memberikan performa grafis yang cukup detail dan tajam. Pada sisi media penyimpanannya sendiri Google Nexus 7 menawarkan dua pilihan kapasitas storage yakni kapasitas 8 GB dan 16 GB. Namun sayangnya pengguna tidak akan memperoleh slot microSD untuk meningkatkan kapasitas media penyimpanannya.

Google Nexus 4

56.Perbandingan-antara-Nexus-7-dan-Nexus-4_2

Berbeda dengan Nexus 7, Google Nexus 4 hadir sebagai smartphone. Smartphone ini mengusung ukuran layar sebesar 4,7 inch dengan resolusi 1280 x 768 pixel. Menariknya lagi layar smartphone ini memiliki kerapatan 318 ppi. Untuk itu kemampuan menampilkan gambar yang dimiliki oleh Google Nexus 4 tampak lebih baik dibandingkan dengan kemampuan yang dimiliki oleh Google Nexus 7.

Pada sisi spesifikasi hardware, Google Nexus 4 hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 quad core berkecepatan 1,5 GHz. RAM yang dimiliki oleh smartphone ini juga telah mencapai 2 GB. Untuk itu kemampuan komputasi dan pemrosesan data yang dimiliki oleh smartphone ini sudah terbilang cepat. Dengan memori internal sebesar 8 GB dan kamera beresolsui 8 MP, pengguna dapat menyimpan data dan mengambil gambar dengan kualitas yang cukup baik.

Untuk sistem operasinya sendiri, Google Nexus 7 menggunakan Android 4.1 sedangkan Google Nexus 4 menggunakan Android 4.2. Jika membandingkan sisi spesifikasinya, Google Nexus 4 memang tampak lebih canggih dan memiliki fitur yang lebih banyak. Akan tetapi bagi mereka yang membutuhkan pengalaman komputasi mobile yang lebih nyaman dengan ukuran layar yang lebar, Google Nexus 7 akan menjadi pilihan yang sangat sesuai.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *